surga adalah suatu tempat dimana ada kesempurnaan batiniah dan jiwa, dimana
manusia telah transformasi menjadi manusia sempurna...

dimana tidak ada lagi kesusahan, kesedihan, kemarahan, kebencian,
kekerasan, kepedihan, kepahitan hidup, manusia tidak lagi mencari hal2 yg
fana atau duniawi, karena harta n kekuasaan gak berarti lagi klo udah di
surga..

intinya klo disurga semua orang udah melepaskan keinginan ragawinya, dan
cuma cinta kasih antara sesama manusia yang ada...

             "[EMAIL PROTECTED]"

             <[EMAIL PROTECTED]
             om>                                                        To
             Sent by:                  <ppiindia@yahoogroups.com>
             [EMAIL PROTECTED]                                          cc
             ups.com
                                                                   Subject
                                       RE: [ppiindia] Re: minoritas etnis
             11/11/2005 02:27          di indonesia, yang mana?????? -
             PM                        jadi ngomongin syurga dan neraka
                                       mbulet....???

             Please respond to
             [EMAIL PROTECTED]
                  ups.com

Sebenarnya bayangan surga yang ditulis dikitab - kitab semua agama itu
adalah untuk manusia dengan tingkat kecerdasan dan peradaban zaman dahulu,
jadi karena zaman dahulu belum ada computer pasti nggak ada kitab yang
menyebutkan ada Computer yang super canggih untuk bermain mailist dan
berinternet, jadi tinggal mikir saja sudah langsung kekirim nich email....

Jadi bagi anda - anda yang cerdas dan berperadaban maju tentunya bayangan
syurga yang seperti itu sudah nggak masuk diakal lagi, karena kalau hanya
wanita cantik didunia juga banyak, arak nggak memabukkan juga bisa dibuat,
istana yang dibawah lantainya ada sungai juga banyak arsitek bisa bikin
yang
penting ada duitnya (jadi syurga = banyak duit dong???) entar dulu,

Kalau dari informasi saat saya ngaji, kenapa syurga itu diterangkan dalam
kitab - kitab itu seperti hal-hal yang indah sesuai pikiran manusia karena
memang kemampuan manusia itu yang terbatas jadi kalau keindahan Syurga itu
diterangkan dengan bahasa keTuhanan nggak ada yang mudeng dan mungkin
sedikit yang tertarik jadi akhirnya dipilih bahasa yang mudah dimengerti
yang tentunya sangat dekat dengan syahwat dari orang dahulu termasuk
kondisi
budayanya, demikian juga dengan neraka.

Begitu kurang lebihnya kata bapak - bapak kyai.....

Kalau saya pribadi sich nggak peduli bentuk syurga ataupun neraka, mau
masuk
syurga atau neraka karena kita nggak bisa mendikte Tuhan dengan segala amal
yang kita buat, jadi laksanakan saja yang terbaik sesuai hati dan akal dan
ilmu yang kita peroleh, jika berlaku salah mohon ampun kalau dikasih nikmat
bersyukur, hasil akhir ..........terserah.........

Regards,

Oman