--- In ppiindia@yahoogroups.com, Nugroho Dewanto <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> ===========
>
> hehehe.... mbak lina saya mencoba konkrit dan empirik karena
> bergaul dengan mereka.... kalau dalam ilmu filsafat termasuk
> materialisme.... sedangkan anda lagi-lagi berbicara (filsafat)
> idealisme....
>
> dalam ajaran sufi, ilmu kebatinan, ilmu kungfu/silat (saya pernah
> belajar bangau putih selain tapak suci yang muhamadiyah)
> justeru dibicarakan dalam satu tingkat tertinggi, susah
> membedakan seseorang itu laki-laki atau perempuan (apalagi kalau
> berpakaian seperti ninja).... dia laki-laki tapi gerakan dan
> [...]

Yup. Itu bedanya. Kongkrit dan empirik itu inputnya sebatas mata
memandang objek saja.

Nafsani itu unsur manusia yang bersifat NAFS, jiwa, psikologis.
Biasanya kita mengenal manusia itu terdiri dari Badani dan rohani.
Namun, Islam Esoteris (Islam yang dipahami dalam arti melebihi segi
lahiriah/syariat, tetapi memasuki segi yang lebih mendalam-segi
raliatas tinggi-yang bersifat batin) manusia terdiri dari tiga unsur
bertingkat: jasmani, nafsani, dan rohani. Tingkat terendah: jasmani,
yaitu fisik, badan, tubuh manusia yang kelihatan sehari-hari.
Tingkat yang lebih tinggi adalah nafsani, yaitu bersifat 'nafs'.
Tingkat ini tidak lagi bersifat jasmaniah, tetapi mulai batiniah,
berkaitan dengan 'human mind'. Tingkat yang tertinggi adalah rohani
atau spirit. Dengan roh, manusia dapat mengekspresikan sifat-sifat
Ilahi dalam dirinya dan roh dalam diri manusia membuat manusia hidup
sempurna sebagai mahluk hidup.

Istilah hirarki kedirian manusia yang tiga itu juga menyangkut
kenyataan bhw pengalaman kebahagiaan dan kesengsaraan juga mempunyai
tiga tingkat. Maksudnya, ada pengalaman kebahagiaan dan kesengsaraan
yang bersifat jasmani, nafsani, dan rohani.

Gitu aja ah.

wassalam,

Clean water saves lives.  Help make water safe for our children.
http://us.click.yahoo.com/YNG3nB/VREMAA/E2hLAA/BRUplB/TM