Di TV saya melihat seorang mahasiswa yang marah dengan
menyebut "Rezim Imperialis."

Memang saya lihat sekarang keadaan kita lebih parah
dari penjajahan VOC. VOC dulu hanya mengincar
rempah2/perkebunan. Begitu VOC pergi, kita justru enak
tinggal meneruskan perkebunan teh, kopi, cengkeh,
segala macam.

Tapi sekarang malah lebih hancur. Freeport sudah
menguras emas, perak, tembaga kita selama 37 tahun.
Bangsa Indonesia hanya diberi kurang dari 10% (ini
jika tidak dikadali). Kemudian kontrak mereka
diperpanjang hingga tahun 2041. Begitu kontrak
berakhir emas, perak, tembaga, dsb sudah habis mereka
kuras. Bukan itu saja, gunung Grassberg (gunung
rumput) sudah tidak ada rumput lagi karena mereka
keruk, sementara sungai2 yang dulu menyediakan ikan
bagi penduduk setempat jadi tercemar dan tidak ada
ikan lagi yang bisa dimakan di sana.

Kita tidak bisa melanggar kontrak, kata seorang
pejabat. Tapi kontrak yang dibuat oleh perusahaan
penjajah Neo VOC tersebut penuh dengan kelicikan dan
intimidasi. Contohnya bagaimana mungkin Blok Cepu yang
asalnya milik Pertamina jadi dikuasai Exxon Mobil?

Kita dapat 92,5%, kata seorang menteri. Tapi dia lupa,
92,5% dari apa? Semua pendapatan harus dikurangi oleh
Cost Recovery yang besarnya ditentukan oleh Exxon
Mobil berupa biaya investasi, biaya operasional, dsb.
Kita tahu gaji expat Exxon puluhan kali lipat dari
gaji bangsa kita/Pertamina. Sebagai contoh gaji dan
bonus Direksi dan Komisaris Freeport bisa mencapai 1/4
trilyun lebih per tahun. Belum lagi berbagai peralatan
yang dibeli langsung dari AS yang harganya terkenal
sangat mahal.

Seorang anggota DPD bilang ke saya bahwa di Natuna
pemerintah tidak mendapat apa2 dari Exxon. Hanya dapat
0%! Cuma terima pajak. Padahal kalau cuma pajak, dari
BUMN dan penduduk lokal juga pemerintah bisa
mendapatkannya. Jadi kalau setelah dikurang cost
recovery sisanya tinggal 0, maka bangsa Indonesia
hanya mendapat 92,5% x 0 rupiah dari Exxon. Nol BESAR!

Seorang pejabat berargumen bahwa jika Freeport ditutup
akan ada 17 ribu penganggur. Nasionalisasi saja
Freeport. Maspion yang harus membeli sendiri lahan
untuk pabriknya (paling cuma 11 hektar) sanggup
mempekerjakan 20 ribu karyawan. Sedang Freeport yang
diberi secara cuma2 lahan seluas 2,6 juta hektar lebih
ternyata hanya bisa mempekerjakan 17 ribu orang. Itu
pun 9.000 di antaranya pekerja tidak langsung! Dengan
menasionalisasi Freeport, misalnya diambil-alih Antam
atau BUMN lain maka pengangguran tidak terjadi dan 90%
hasil yang dinikmati Freeport bisa dinikmati bangsa
Indonesia.

Kepada bangsa Amerika (terutama pada Condoleezza yang
baru datang) saya hanya bisa menghimbau, stop
penjajahan ekonomi terhadap bangsa Indonesia.

Kepada orang2 yang bersedia jadi antek penjajah Neo
VOC saya hanya bisa berkata: "Bertaubatlah. Jadilah
orang yang bermanfaat bagi bangsa ini!"

Mudah2an pemerintah bisa me-Nasionalisasi perusahaan
asing yang mengeruk kekayaan alam Indonesia seperti
emas, perak, tembaga, migas, dsb.

--- Arif Harsana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> **  Menyusul maraknya aksi unjukrasa berkaitan
> dengan obyek vital, maka
> Pemerintah memandang perlu untuk mendesain ulang
> pengamanan terhadap
> obyek-obyek vital di Tanah Air.
>
> **  Dalam konteks ini, unsur terdepan adalah Polri.
> Namun, karena
> keterbatasan aparat Polri dalam pelaksanaan
> pengamanan obyek vital maka
> Polri dapat meminta bantuan kepada TNI. Pola ini
> diterapkan untuk semua
> obyek vital, apakah itu Exxon atau Freeport dan
> lainnya, tutur Widodo.

> [...]

===
Dampak Pornografi: 1 di antara 3 wanita AS diperkosa. Tiap tahun 2,3 juta
wanita hamil di luar nikah di Indonesia (Dr. Boyke). Berantas pornografi dukung
RUU Anti Pornografi dan Pornoaksi - www.nizami.org

http://mail.yahoo.com