Soal Madinah dgn Piagam Madinah dan Indonesia dengan Pancasila,
bukannya harus membedakan antara Madinah dengan Indonesianya, yang
segala sistem sudah berubah semisal sistem transportasi onta dgn
sistem transportasi mobil/pesawat. Tapi lebih kepada cita-cita dan
values yang dikandung oleh negara Madinah merupakan ideal sebuah
negara "modern" di masa depan. Dan juga kelebih kepada nilai-nilai
dasar negara Madinah seharusnya sangat ideal menjadi acuan
pembangunan negara yang menjadi cita-cita umat. Madinah kala itu
sangat riskan akan benturan antara suku karena banyaknya suku dan
masing2 suku sangat bangga akan kesukuannya. Agamanya jg bukan Islam
saja. Tapi kemudian bisa dipersatukan dengan piagam Madinah tsb dan
sampai sekarang (dan karena ini juga dicanangkan oleh seorang yang
dipercaya dan terpecaya oleh semua suku). Ini tak jauh dengan
Indonesia yang multi ras dan multi agama.

Ini sudah pernah saya utarakan dulu. Mungkin Mbah masih cuti waktu
itu.

Ini yang membuat saya terheran-heran kalau orang Islam sendiri harus
menjiplak ide Barat, soal ide membangun negara, yang budaya dan
agamanya nya dah jelas beda.

wassalam,

NB: soal NAD, di posting terpisah aja ya Mbah

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "RM Danardono HADINOTO"