1. tradisi pesantrennya pak dhofier memang buku babon untuk memahami NU.

2. pak agus sunyoto dan pak arif, kemarin dulu sempat bikin penelitian ttg
darul arqam di malaysia.  yg lucu lucu, keliatan kalau ashaari muhammad ini
masih jalurnya syarikat islam.  pola pola yg dia kembangkan masih ngikuti
pola sarikat islam ini.  jalur keagamaan nyambungnya ke pesantren buntet,
pak cokro, sampai pangeran diponegoro.

3. salafi sendiri di indonesia ada 5 aliran.  oom jafar dulu masih keturunan
ulama arab di malang, masih sodaraan juga ama habib al habsyi yg tunanetra
yg dulunya ngebom borobudur, oom ja'far mudanya suka mabok mabok gitu, gagal
sekolah bolak balik, di lipia, dan beberapa tempat lagi, sampai akhirnya
ikutan main petasan di afghan.  pulang jadi alim deh (dalam ilmu perang
perangan).

4. btw, ulil tuh s1 nya di lipia ternyata.  satu sekolah ama anis matta.
padahal orang lipia biasanya kalo gak berat ke wahabi, ya berat ke
tarbiyah.  selalu ada outlier dalam komunitas :D

salam,
Ari Condro