> DH: Anehnya, di negara negara yang hukumnya tertata rapi,
> masyarakatnya teratur, good governance, seperti Austria, Swiss,
> Luxemburg, Jerman, Denmark, Norwegia, Swedia, Liechtenstein, tak ada
> yang menghebohkan majalah, apakah Playboy atau yang lainyna?

SB: Itu dia. Hukum harus tertata rapi. Saya setuju. Mengenai tidak adanya
yang kehebohan Playboy di sana, adalah lebih karena standar baku masyarakat
saja yang berbeda. Mereka memang begitu, tapi Indonesia bukanlah mereka.
Apalagi tingkat pendidikan kita juga memperihatinkan.

DH : Angka perkosaan di Indonesia tetap lebih tinggi daripada di negara
negara teratu dan maju. Ini walau agama menggebu gebu, dan FPI main
sweeping sweepingan...Hukum juga tetap amburadul dan rakyat tersiksa...

SB : Asal sweeping memang menjadi momok. Tapi itu tidak ada hubungannya
dengan menurunnya angka perkosaan. Sesuatu yang berbeda. Lebih baik
masyarakat ini dicerdaskan terlebih dahulu daripada "dipornokan", ya kan
Pak? Tentu saja hukum akan amburadul, lha wong kita saja tidak tahu
prioritas apa yang harus dilakukan. Kita lebih cenderung membela kebebasan
yang cenderung merusak masyarakat dengan melegalkan hal yang berbau
pornograpi. Apalagi Bapak sangat menyadari bahwa masyarakat kita memang
belum siap. Saya rasa mencegah pornograpi itu adalah bentuk nasionalisme
yang lain Pak, yang bisa kita prioritaskan saat ini.

DH : Bagaimana nihh?
SB : Lha disweeping aja masih nekat kok Pak! Sedangkan aparat hanya jadi
penonton. Jadi?Sweeping terusss?!