jadi kenapa rasul melarang ali menikah lagi?
abu sufyan dan putrinya sudah masuk islam.

larangan kanjeng nabi bagi ali untuk berpoligami
adalah sunah. tapi anda tak menganggap sebagai
sunah bukan? itulah bukti sulitnya tafsir yang tunggal
atas sunah dan qur'an.

Aris:
  Mas Dede... mungkinkah aris ada silih pendapat mengenai definisi sunah dengan mas. IMHO, Ada dua istilah sunah yang berbeda maknanya, yang satu sunah yang berkedudukan sebagai sumber hukum setelah Al Quran. Sunah ini disebut juga hadis. Sedangkan ada sunah lain yakni satu dari lima hukum perbuatan manusia. Perbuatan manusia ada lima hukum wajib (fardu), sunah, mubah (mandub/boleh), makruh dan haram. JAdi sunah yang mana yang dimaksud mas Dede?

  Sepahaman aris, poligami adalah mubah (boleh). Alasan ketidakbolehan poligami khusus untuk Ali saat itu, karena faktor Fatimah adalah putri yang paling ia cintai dan pengaduan Fatimah sendiri. Kalaupun Ali tetap poligami maka hukumnya boleh, hanya saja akan menyakiti hati RAsul. Dalam lanjutan kutbah Rasul tersebut, RAsul bersabda...."Fatimah adalah putrinya yang sangat kucintai, barangsiapa menyakiti hatinya berarti dia menyakitiku."  Kedudukan Fatimah adalah sangat istimewa di hati Rasulullah. Tak ada seorang sahabat pun tega hatinya menyakiti hati RAsul. BUkan tega menyakiti hati Fatimah lho ya..?

  Adapun jika ada yang menyatakan poligami sunah (utama melakukannya) bukan sunah hadis (sumber hukum), maka saya pun akan bertoleransi dengan hal tersebut.  Sebab, bila orang itu mengatakan sesuatu itu sunah, maka hukum perbuatan itu berlaku untuk dia dan bisa jadi tak berlaku dengan orang lain. Hanya pada Allah semua nanti dikembalikan. Namun kalau menyatakan poligami haram, wah, ini saya memahaminya sudah menyimpang jauh dari syariat Islam mengenai poligami. Karena dalam Al Quran yang kedudukannya lebih tinggi Hadis tak ada pernyataan pengharaman poligami.

>MAs Dede,
>Sepahaman aris, berakhlak islami bagian dari
>pelaksanaan syariat Islam. JAdi berakhlak islami
>termasuk dalam syariat Islam. JAdi syariat Islam
>yang mana yang mas tolak?
>
>IMHO, Mungkinkah mas Dede itu sebenarnya tak menolak
>syariat ISlam, namun hanya menolak atau tidak mau
>melaksanakan beberapa bagian dari syariat Islam saja?
>Atau hanya menolak formalitas syariat Islam? Tentu ini
>berbeda dengan menolak syariat Islam secara totalitas.
>Karena Sepahaman aris, hanya orang kufurlah yang
>menolak syariat Islam seluruhnya. Kalau dia beriman
> [...]
============

saya menolak syariat islam yang dirumuskan orang 500
tahun yang lalu.

saya mendukung pesan abadi qur'an untuk menegakkan
keadilan.

beriman kepada Tuhan, percaya kepada hari akhir dan
beramal saleh (berbuat baik kepada sesama). itulah
bekal memperoleh keselamatan bagi semua manusia.

Aris:
  Maaf mas Dede, SIapa ya mas, orang yang merumuskan 500 tahun itu?Orang yang disebut adil dalam Islam adalah orang yang senantiasa menimbang segala sesuatu berdasarkan Al Quran dan Sunah atau syariat Islam itu sendiri.

   Bila kita ingin diterima amal (amal sholeh)nya oleh Allah, maka caranya harus sesuai dengan aturan Allah atau syariat Islam. Oleh karenanya kita harus meneladani RAsulullah dalam perilakunya. dan dalam sepanjang hidupnya Rasulullah selalu melaksanakan segala perbuatannya berdasarkan syariat ISlam. Takkah mas percaya Syariat ISlam itu akan membawa keselamatan manusia seluruhnya dan alam?... ini adalah hal yang sangat fundamental dalam aqidah Islam. BAhwa Islam membawa keselamatan bagi seluruh umat manusia. Mungkin kita perlu memisahkan kenyataan fakta sekarang (saat syariat ISlam tak teraplikasikan), kehidupan kacau balau dengan konsep syariat Islam yang sejatinya.CMIIW

  salam,
  aris

pustaka tani
  nuraulia