--- In ppiindia@yahoogroups.com, "RM Danardono HADINOTO"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> TETAPI
>
> Masalah b) adalah masalah KITA semua, warga Indonesia. Masrakat
> Islam sebagian menawarkan, atau terkesan mau memaksakan, syariat
> Islam bagi negeri ini, jadi juga bagi NON Islam.
>
> Nah, untuk ini, kita tak boleh diskusi? Untuk ini kita harus masuk
> Islam? Pernahkah, NON Islam menuntut mbak Aris memasuki agama
agama > NON Islam untuk memahami, mengapa kami MENOLAK SI?

> Aneh kan?

Lina:
Kalau buat saya sih, orang yang menolak SI hanya karena 'alergi'
dengan kata Islamnya itu sama acakadulnya dengan orang yang
memaksakan kata Islam dalam syariah-syariah atau undang-undang
negara. Karena buat saya yang terpenting adalah esensi.
******************************
> Kami sebagai masyarakat NON Islam, melihat, bahwa dalamnegara
negara > yang maju, misalnya Uni Eropa, banyak yang di idam idamkan
bila SI > ditegakkan, sudah terjadi dalam negara negara Kristiani
yang sekular > itu: keadilan sosial, perataan kemakmuran, pendidikan
bagi semua, > ketaatan hukum, good governance, dsb.

Lina:
Kalau mengklaim negara Uni Eropa bisa menjadi maju disebabkan karena
negara Kristiani sekuler, ini perlu penjelasan lagi. Saya sependapat
denga mbak Aris kalau soal ini, bahwa negara Europe telah
meninggalkan Bible dalam urusan negara (apakah ini kristiani?).
Mereka tidak merujuk kepada Bible dalam hal urusan kenegaraan dan jg
tidak merujuk kepada kehidupan Yesus karena Yesus tidak pernah
menjadi pemimpin suatu bangsa yang berhasil (keburu dibunuh). Jadi,
uni eropah maju karena mereka mencari jati diri mereka sendiri yang
sudah tercerabut di abad pertengahan tsb (mereka tidak mencari dalam
kitab suci mereka). Apa ini kristiani?
*******************
> Seperti mbak Lina katakan, yang penting, umat Islam menjalankan
> nilai nilai Islami.

Lina: Seingat saya, saya tidak mengatakan demikian (walaupun itu
termasuk hal penting juga). Yang saya katakan adalah "Inikan lebih
penting: seorang non muslim menjalankan esensi ajaran
> Nah, kami yang melihat dalam negara negara makmur, juga mirip,
namun > terbalik, umat Islam disini, menjalankan nilai nilai
Kristiani yang > universal.

Lina:
Setahu saya, nilai-nilai Kristiani yang universal adalah ajaran
cinta kasih. Itu saja. Dan semua agama mengajarkan ajaran cinta
kasih. Hal ini tidak bisa menjadi alasan utk mengatakan bhw Kristen
adalah agama universal. Karena setahu saya lagi dalam Alkitab tidak
ada ajaran kapan harus membunuh (berperang), kapan harus berdamai,
bagaimana seharusnya harta waris dibagikan? bagaimana cara bercerai?

wassalam.

> --- In ppiindia@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <linadahlan@>

> bbrp

> no.