Wah kalau semua wartawan seperti ini, tidak akan ada masyarakat yang tersesat oleh berita yang berseliweran. Mungkin masalahnya ada di proses recruitment wartawan kali yach.. Semestinya jangan penyair  menulis berita di majalah berita seperti mendongeng.. Lebih baik menulis dongeng di majalah Bobo, kuncung atau kawanku jadi tidak ada masyarakat (sebagai stoke holder) yang tertipu..

-----Original Message-----
From: ppiindia@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Satrio Arismunandar
Sent: Monday, May 22, 2006 11:34 AM
To: ppiindia@yahoogroups.com
Subject: Re: [ppiindia] Re: Catatan Pinggir TEMPO: AHMADINEJAD

Bung R. Budiarto yang baik,

Saya ini wartawan. Bagi seorang wartawan, fakta itu sacred. Nggak boleh diubah. Ini posisi saya, tak ada tawar-menawar, dan saya yakin semua wartawan akan setuju dengan sikap ini.

Kalau GM mau nulis 1000 cerpen atau puisi (karya fiksi atau campuran fakta & fiksi), saya dukung penuh dan tak saya persalahkan. Tapi itu akan dianggap karya fiksi, jadi tak ada risiko.

Tapi dalam penulisan berita (fakta) atau analisis/renungan yang berdasarkan berita (fakta juga), ini sesuatu yang berbeda.

Dari tulisan GM di bawah, yang saya persoalkan cuma satu fakta itu saja (Ahmedinejad tak pernah bilang mau bikin senjata nuklir. Tunjukkan pada saya beritanya, kalau dia pernah mengatakan itu. Itu FAKTA, yang saya tak ingin GM atau siapapun mengubahnya. Bahwa Ahmedinejad di dalam hati mungkin punya maksud lain, itu memang bisa saja. Tapi isi hati orang siapa yang tahu? Itu bukan fakta dalam jurnalistik.)

Yang lainnya, ya terserah GM, wong itu renungan dia.

Satrio