--- In ppiindia@yahoogroups.com, "RM Danardono HADINOTO"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> --- In ppiindia@yahoogroups.com, aris solikhah <fm_solihah@>

> sebuah peristiwa alam buat diri kita sendiri? Hikmah yang kemudian
> memperkaya hidup kita yang masih hidup untuk lebih berhati-hati
> dalam bersikap dan membantu saudara-saudara kita.
> adalah hal yang alami.

> ujiankah, azabkah dari Allah, tegurankah atau karena saya kurang
> hati-hati dalam memilih makanan?
> dari mulai perenungan diri....
> >
> ------------deleted---------------------

Mbah:
> Sebagai manusia beriman, silakan memakai kriteria keimanan untuk
> menjawab hal hal yang anda tak dapat jawab secara rational.
Tetapi,
> mbak, SELAMA ada jawaban rational atas lejadian musibah, JANGAN
> mencari jawaban dibidang spiritual, misalnya adanya hukuman Tuhan
> dll, yang adalah 100% spekulasi.

Lina: Jadi kalo dah mentok baru lari ke agama/iman/spiritual ya?
Kasihan.

Mbah:
> Anda tak perlu menanggalkan keimanan anda. Tetapi jangan sampai
> terjadi analisa silang (cross analysis) antara iman dan ratio,
nanti > anda jadi halusinasi...

Kalo menurut saya apa yang diutarakan oleh mbak Aris bukan cross
analysis. Tapi analisa dari agama/keimanan saja. Jadi, gak campur
aduk. Karena, jelas mbak Aris tidak menganalisa in detail
berdasarkan iptek or ratio.

Malah, menurut saya, yang mbacanya pada campur aduk. Mungkin campur
aduk ama emosi soal syariah islam yang disanjung mbak Aris
sebelumnya.

salam campur sari.