ini salah satu cara saya memposting opini di milis ini agar mendapat respon
dari rekan-rekan miliser ...dengan memakai judul yang provokatif dan
kontroversial biasanya lebih cepat direspon....dan mendapat tanggapan yang
beragam...bahkan seringkali akhirnya melenceng dari judul posting awal...ini
salah trik jualan opini bung...makanya saya menggunakan kata "
waspadalah...waspadalah' diilhami oleh semboyan bung napi....
  kalau postingan saya beri judul yang datar-datar saja...biasanya sepi dari
response...
  beropini di milis memang perlu trik juga...supaya opini kita bisa
terjual...meski terkadang harus kontroversial....dan itu bisa dijadikan study
yang menarik untuk tesis doktoral....yang saya cita-citakan....

  salam
  iwan

kh anam <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Saya sangat setuju dengan sosiolog Indonesia Ignas Kleden (1987).
Beliau
katakan, budaya *masyarakat industri* di Indonesia ternyata tidak dibarengi
dengan *partisipasi media*. Kira-kira begini, semestinya masyarakat modern
mempunyai pilihan berita apa saja yang harus kudapat dan dari mana saja.
Kita saksikan di Indonesia, semua berita bertumpuk menjadi satu dan media
massa yang paling laris adalah yang menyajikan sebanyak mungkin isu yang
hot, atau yang paling hot, tidak penting apakah berita itu penting atau
tidak. Dan memang seting media massa apalagi elektronik memang mengarah
bagaimana masyarakat tidak bisa memilih berita dan menerima semua informasi
yang mereka dapatkan. Nah, para *media fraek, *pihak-pihak yang ingin
memainkan media mudah bermain di sini. Kira-kira ini bukan persoalan
undang-undang tapi perlu ada sosialisasi mendalam yang mendalam bagaimana
masyarakat tahu cara media membikin berita, membuat fakta. Lha.. Jika Anda
berkata waspadalah-waspadalah! berarti anda termasuk yang ikut terjebak
dalam setting media Indonesia yang tidak mencerdaskan apalagi memenangkan
itu.

On 6/14/06, Iwan Wibawa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> setelah islam vs yahudi...dengan battlefield di palestina/tepi
> barat....islam vs amerika/barat dengan battlefield di irak dan
> afghanistan....islam vs komunis dengan battlefield di chechnya...islam vs
> buddha dengan battlefield di patani /thailand selatan...islam vs kristen
> dengan battlefield di maluku dan poso...sekarang ini sebuah wacana baru
> tengah dikedepankan adalah islam vs pancasila...beberapa ormas islam yang
> doyan berakting sebagai pemegang hegemoni kebenaran hendak di libas
> pemerintah atas nama hukum dan undang-undang....kemudian mereka merapat ke
> [...]

You can search right from your browser? It's easy and it's free.  See how.
http://us.click.yahoo.com/_7bhrC/NGxNAA/yQLSAA/BRUplB/TM