ANGIN TASIK:

  TETONIK LAUT SELATAN

  [Cerita Kepada MB]

  mei lalu tetonik laut selatan
  bersama ajal menabur petaka
  dari kampung ke kampung
  hujan dan lapar  bagai damak dan tombak menancapi dada
  orang-orang tinggal di tenda

  anakku yang bocah pun tahu derasnya bencana kepadaku  berkata:
  "ayah, ayah, kuberikan tabunganku tersimpan di perut ayam tanahliat
  mbah sujinah tetangga mbah buyut remuk rumahnya membuatku nangis
  kuberikan tabunganku kepadanya, desa dilanda bencana alam
  ayah, aku gemetaran ketika atap berguguran menggugah tidurku"

  menggendong anakku perempuan gemetaran aku memandang merapi menyala
  membakar langit -- petaka  seakan tak berkesudahan
  memaksa kita pandai hidup tanpa merosot jadi bandit
  kemanusiaan ditempa dan disaring -- jalan pintas selalu membandit

  sekian ribu nyawa melayang dalam sedetik
  sekian rumah dan esok dirobohkan
  dunia tahu getirnya
  orang-orang tahu pahitnya
  tapi pernahkah padamu terlintas duka dasawarsa
  jutaan yang terbunuh terpinggirkan kerna prasangka kerabunan pandang?

  menggendong anakku perempuan aku memandang merapi menyala
  memandang negeri yang bebal dan terbakar mati rasa
  orang-orang memberaki republik, indonesia  dan kemanusiaan
  "jangan takut sayang jika kau memilih hidup!" kubisikkan kepadanya
  tapi tak terucap kerna usianya yang bocah amat
  --aku saja yang meringis menelan ludah bagai batu menanyai lusa

  Paris, Juni 2006.

Everything you need is one click away.  Make Yahoo! your home page now.
http://us.click.yahoo.com/AHchtC/4FxNAA/yQLSAA/BRUplB/TM