amerika (bush) memang punya kultur seperti ini, siapapun yg
tidak mau ikut arus mereka, pasti diserang.
berhubung pengikut muslim radikal, termasuk bashir ini yg
punya resistensi kuat maka merekalah yg sering kena tuduhan.

sebenarnya bashir tidak bisa dihukum seperti kemarin, karena
kenyataan tidak menunjukkan bukti kuat dia adalah 'bomber'
...meskipun ada bukti kuat dia 'menghasut' alias mem-provokasi
orang muslim utk selalu melawan amerika.
maka amerika dgn mudah menuduh dia melakukan tindak
terorisme.
karena di australia, sekitar tahun lalu ada beberapa ulama yg
ditangap oleh polisi krn dituduh menebar kebencian/ spreading
hatred between beliefers...
meski tidak melakukan pemboman secara langsung, biasanya
bashir dan juga tertuduh yg lain ini kena dakwaan UU
penghasutan...dan ide bashir utk selalu berjuang menerapkan
SI di indonesia sering dijadikan latar belakang
penghukumannya atas usaha 'makar/ subversif' terhadap
pemerintah...(tentu saja pemerintah kita juga sudah didikte oleh
amerika)...
masalah bashir ini rumit, mencakup CIA, australia, BIN, dan
pemerintah...

--- In ppiindia@yahoogroups.com, aris solikhah
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sebuah pertanyaan yang selalu mengganjal dibenak saya,
benarkah beliau terlibat bom Bali 2002? Bukti apakah yang
membuat AS menuduh demikian?

>   http://www.gatra.com/artikel.php?id=95416
>

> Pembebasan Ba'asyir
> Pers AS: Ulama Bom Bali 2002 Dibebaskan
>
> New York, 15 Juni 2006 07:58
> Pers di Amerika Serikat ikut melontarkan mengenai
kekecewaan di negara tersebut atas pembebasan Ketua Majelis
Mujahiddin Indonesia Abu Bakar Ba`asyir setelah menjalani
hukuman 30 bulan penjara.

> Sejumlah surat kabar di Amerika Serikat edisi Rabu (14/6),
memberi porsi cukup besar pada berita mengenai selesainya
masa hukuman Abu Bakar Basyir tersebut.

> "Ulama Terkait Pemboman di Bali 2002 Dibebaskan","
demikian judul yang diangkat The New York Times.

> Surat kabar terkemuka di AS tersebut antara lain
mempertanyakan komitmen pemerintah Indonesia dalam
perang melawan terorisme, meskipun sebelumnya Indonesia
sudah menjatuhkan hukuman cukup berat pada pelaku
terorisme lainnya.

> The Washington Post dan sejumlah surat kabar AS lainnya
melalui edisi online dan cetak juga mengangkat masalah
pembebasan Ba`asyir tersebut, berikut komentar-komentar
kekecewaan dari beberapa kalangan.

> Ketidakpuasan pihak Barat sebenarnya sudah pernah
dilontarkan tahun lalu ketika vonis dijatuhkan kepada pimpinan
pondok pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo tersebut. Pihak
Barat menilai tidak selayaknya Ba`asyir menerima hukuman
seringan itu karena dalam sidang disebutkan bahwa ia
mengetahui para pelakua bom Bali 2002 dan ucapannya
kemungkinan ikut memberikan motivasi.

> Dipotong masa tahanan dengan vonis 30 bulan, Ba`syir hari
Rabu pagi WIB (14/6) bebas murni dan meninggalkan LP
Cipinang Jakarta.

> Sementara itu juru bicara Deplu AS Sean McCormack
berkaitan dengan pembebasan Ba`ayir Rabu mengatakan
bahwa tidak seharusnya hukuman 30 bulan itu diberikan
kepada orang yang terlibat "persekongkolang jahat" yang
mengakibatkan pemboman dan menewaskan banyak orang.

> "Kami sangat kecewa dengan hukuman yang menurut kami
ringan terhadap individu tersebut," kata McCormack.

> Ia menambahkan bahwa kini terserah kepada rakyat dan
pengadilan Indonesia dalam menginterpretasikan hukum
mereka.

> "Jadi pada akhirnya, keputusan ini tergantug pada Indonesia,
rakyat Indonesia dan pengadilan Indonesia," katanya. [EL, Ant]

> The great job makes a great man
>   pustaka tani
>   nuraulia

Check out the new improvements in Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/6pRQfA/fOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM