Bung Abon, tanya kennnnnapa? Omas eh ormas 'radikal' itu belakangan
bermunculan? Karena ada yang 'jualan'. Ente jual, gue beli deh.
Heheheheheh ...

DT

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Ambon" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> http://www.suaramerdeka.com/harian/0606/17/opi03.htm
>
> Fenomena Gerakan Ormas Radikal
>   a.. Oleh Aly Imron DJ
> RENCANA pemerintah akan menindak organisasi kemasyarakatan (ormas)
berhaluan radikal pantas mendapat dukungan. Yang dimaksud radikal
adalah mereka yang sering melakukan gerakan melanggar hukum seperti
tindakan anarkis, intimidasi, perusakan, kekerasan, serta ancaman
terhadap pihak lain.

> Langkah demikian perlu segera direalisasikan karena saat ini telah
muncul beberapa ormas yang berhaluan radikal dengan menjadikan
dirinya seakan-akan sebagai pemegang dan pelaksana kebenaran
absolut. Ormas ini sering menjadikan simbol-simbol primordialitik
yang berbau SARA sebagai justifikasi atas berbagai gerakannya.

> Pemaksaan kehendak dengan mengatasnamakan sebuah kebenaran
kelompok tertentu pastilah menuai perlawanan dari kelompok lain yang
merasa terancam dan disudutkan eksistensinya. Kenyataan ini
berpotensi memunculkan tradisi baru di mana kehidupan bermasyarakat
diwarnai perasaan saling mencurigai, menonjolkan nuansa primordial
dan intoleransi.

> Fenomena itulah yang membuat ormas radikal menjadi ancaman
demokrasi yang sedang tumbuh subur di bumi pertiwi. Kehidupan
berbangsa dan bernegara telah diancam oleh menonjolnya kepentingan
dan egoisme primordial yang cenderung memaksakan kebenaran absolut
hanya dari kelompok tertentu semata.

> Masyarakat kini tidak sulit membedakan ormas yang berhaluan
radikal dengan lainnya. Ormas radi-kal biasanya mengekspresikan misi
perjuangannya secara eksklusif, menonjolkan kekerasan serta selalu
menebar teror dan intimidasi kepada masyarakat di luar dirinya dalam
mewujudkan agenda perjuangannya.

> Mereka senantiasa mendewakan simbol-simbol primordialitas yang
bersifat formalistik, mengedepankan kekerasan, intoleran dan anti
demokrasi. Dalam gerakannya pasti bersinggungan dengan kepentingan
hidup mayoritas masyarakat Indonesia.

> Realitas demikian memudahkan terjadinya benturan antara ormas-
ormas radikal dengan alur besar kehidupan berbangsa dan bernegara.

> Di sinilah kepentingan yang ada tidak dapat dikomunikasikan dan
didialogkan secara tuntas dan terbuka. Sebab ormas radikal
menganggap dirinya sebagai pemegang mandat dan pemilik kebenaran
absolut.

> Ormas berhaluan radikal kini juga banyak yang berbaju dan
mengeksploitasi isu-isu kedaearahan (suku). Ormas ini juga sering
melakukan tindakan anarkis dan membikin keonaran dalam mewujudkan
kepentingannnya yang lebih berdimensi ekonomis dan politik.

> Gerakan mereka secara riil telah bertabrakan dengan tradisi
berdemokrasi serta mengancam NKRI. Hal ini berkorelasi kuat karena
mereka tidak menghormati pluralitas, anti toleransi dan demokrasi
serta mengganggap kebenaran absolut hanya datang dari diri dan
kelompoknya semata.

> Itulah ideologi ormas radikal yang selalu terwujud dalam
tindakannya. Ideologi demikian pasti menempatkan kelompok lain
berada di luar dirinya sehingga pantas untuk disingkirkan
eksistensinya. Kecenderungan itulah yang secara pasti mengancam
keutuhan NKRI.

> Pondasi dan tradisi kehidupan bermasyarakat dan berbangsa yang
menjadikan NKRI eksis kini mendapat ancaman serius dari ormas-ormas
yang berhaluan radikal. Gerakan mereka jika tidak segera
diantisipasi dan ditindak tegas dipastikan dapat menjadi ancaman dan
bibit subur disintegrasi bangsa.

> Mensikapi gerakan dan eksistensi mereka pemerintah harus bertindak
tepat dan tegas. Tindakan tegas ini bisa dilakukan pemerintah dengan
membubarkan ormas-ormas berhaluan radikal jika terbukti melakukan
berbagai gerakannya melanggar hu kum.

> Kepolisian dapat bersifat proaktif dan progresif untuk mengambil
tindakan hukum. Demikian juga Departemen Kehakiman dan HAM dapat
membubarkan ormas-ormas yang berhaluan radikal jika gerakannya
melanggar konstitusi dan membahayakan keutuhan NKRI. Tindakan tegas
sangat ditunggu masyarakat yang kini cemas dan dihantui ketakutan.
Tindakan tegas juga mesti diikuti dengan kemauan DPR bersama
pemerintah (Depdagri) untuk merevisi UU No 8/1985 yang mengatur
pendirian, misi, visi dan kegiatan Organisasi Kemasyarakatan.

> Dalam mendirikan ormas harus diikuti dengan persyaratan-
persyaratan yang bersifat mendasar, terutama dengan menjadikan
Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar perjuangannya. Hal ini sangat
penting agar misi, visi, perjuangan dan gerakannya tidak menyempal
dan bersimpangan dengan kepentingan masyarakat, keutuhan serta
keselamatan Indonesia.

> Di samping itu pendirian ormas juga tidak boleh menonjolkan unsur
SARA tetapi aksi dan pengabdiannya lebih dikonsentrasikan pada
perbaikan kebersamaan hidup, pemeratan keadilan dan kesejahteraan
masyarakat.(14)

> --Aly Imron DJ, aktivis ormas Islam tinggal di Semarang

Check out the new improvements in Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/N6DZeC/fOaOAA/E2hLAA/BRUplB/TM