Benar sekali!

Istilah "meninggalkan agama" adalah tidak tepat. Orang kulit putih
tak meninggalkan agama. Lihatlah, generasi orang Eropa yang
menyeberang ke Amerika (the Pilgrim), karena mereka ingin menjalan
agama mereka dengan bebas (mereka Protetant yang ditindas penguasa
Katholik).

Juga umat Islam di Indonesia, tak pernah meninggalkan Islam, malah
makin memeluknya. Ormas ormas Islam seperti MMI, HTI dsb, tak exist
ditahun 50an.

Di Eropa sekarang muncul rennaisance Kristiani. Juga di AS. Ketika
Sri Paus mengunjungi Jerman tahun lalu, jutaan remaja membanjiri
tempat pertemuan, padahal cuaca cukup buruk. Hujan, angin.

Benar, banyak negara non Islam juga yang ambur adul dan penuh
pertempura. Ini menandakan, agama tak selalu berpengaruh dalam
perkembangan sosial. Sebaliknya bangsa bangsa Non Islam yang memang
tegar, dispilin kerja yang keras, taat hukum, demokratis sekular
(AS, Amerika utara, Australia, Selandia Baru, Jepang, Korea, Taiwan,
Singapura, Eropa) membangun masyarakat yang indah untuk dihayati.

Eropa yang diduduki NAZI memang merupakan neraka di PD II dan
seluruh Eropa pada PD I memang merupakan inferno, yang disebabkan
oleh memuncaknya kapitalisame, bangsa bangsa militeristis tabtakan
mencari bahan baku: batubara, bijih besi, minyak bumi, laut bebas es!
Tetapi perekonomian mereka pada dasarnya TIDAK amburadul. Ini mereka
buktikan, dalam sekejap mereka bangun kembali puing puing peperangan.

Keamburadulan sospolek bangsa bangsa yang sangat fanatik beragama
Islam (tak usah sebut satu satu kan? terlalu banyak), adalah akibat
ketidakmampuan bangun atas dasar nalar. Indonesia lebih lama merdeka
daripada Singapura, Indonesia lebih kaya sumber daya alam, dan tidak
pernah sehancur Austria setelah PD II dan tak punya sumber daya
alam, tetapi hasilnya?

Setiap insan Indonesia akan bangga dengan produk Indonesia. Sure.
saya bangga dengan seperangakt gamelan yang saya miliki, kain dan
baju batik sutera, dsb. Tetapi, jangan menutup mata, kalau pacul
yang kita buat kalah lama kalau dipakai disawah dibanding buatan RRT!

Saya rajin belanja di toko Asia, mencari nangka muda, kolang kaling,
ikan segar, udang, daun pepaya, daun pisang, dll. Adakah yang buatan
Indonesia? No! Yang saya temui made in Thailand, made in
Philippines. Mengapa?

Agama mau diperketat untuk menggalakkan export? memakmurkan bangsa?
How come? IPTEK bukan datang dari Kitab Suci. Juga moral dan ethos
kerja yang tinggi!

Ini harus diamalkan, diwujudkan. Dengan atau tanpa Kitab Suci. It is
not the question of leaving or intesifying the religious life.

Bangga or not, is also not the question. Do work hard.

salam

Danardono

--- In ppiindia@yahoogroups.com, josephine none <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Kapan sih umat Islam Indonesia meninggalkan Al Quran? Setahu saya
Islam di Indonesia ketat sekali, dan ini mencakup 99% umat Islam di
Indonesia. hmmm sepertinya prosentase ngasal seperti 68%-nya Roy
Suryo juga menjangkit dimilis ini "Biro Pusat Statistik (BPS)
Indonesia mengadakan sensus setiap 10 tahun sekali. Menurut data
terakhir tahun 2000, yang surveinya dilakukan terhadap 201.241.999
responden; BPS memperkirakan bahwa sensus tersebut tidak diikuti
oleh 4,6 juta orang. Menurut laporan BPS, 88,22 persen jumlah
penduduk mengaku sebagai Muslim, 5,9 persen Kristen Protestan, 3,1
persen Kristen Katholik, 1,8 persen Hindu, 0,8 persen Budha, dan 0,2
persen "lain-lain", termasuk agama-agama tradisional, kelompok
Kristen lainnya, dan Yahudi. " okelah ini data tahun 2000, tp
komposisinya ga jauh beda lah ama thn 2006

>   Kenapa harus meninggalkan kitab suci?? Di Eropa pernah tjd jaman
reneisance tapi toh akhirnya mereka kembali pada Tuhan juga, karena
hidup tanpa agama tetap saja terasa hambar.  Apakah Amerika selatan,
Afrika yang mayoritas bukan pemeluk agama ISLAM adalah negara yang
penuh damai dan maju??? Betapa naif-nya mengkambinghitamkan agama
(Tuhan) atas kesengsaraan yg terjadi.  Semua negara pemeluk ISLAM
amburadul??? Seandainya saya hidup dijaman PD I dan II akan saya
bilang negara pemeluk KRISTEN/KATHOLIK adalh BANGSATTTTTT!!  Tp
bukankah skrg mreka menggembar-gemborkan HAM yg dulu mreka injak2.

>   Solusi untuk bangsa ini??? Mulailah dengan diri sendiri untuk
BANGGA menjadi orang Indonesia dan produk Indonesia, punya keinginan
untuk MEMPERBAIKI, bukankah itu yang dilakukan India & Jepang.
Memang rumput tetangga lebih hijau dr rumput sendiri, tapi
berhentilah mengeluh apalagi mengutuk.

>   BAGAIMANA BANGSA INDONESIA TIDAK AKAN TERPECAH BELAH (jika org2
didalmnya sndiri ingin memecahkannya.......)

> Alvin Daniel <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           nah itulah om, kan sebenarnya ada disini yg sering
bertanya2
> mengenai 'apa sih solusinya utk bangsa? biar gak sekedar
> bullshit?'
> udah dijawab (lagi) tuh sama si om danar...
> hehhehehe...
>
> punya agama + pake logika = negara dan bangsa beradab dan
> [...]

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/B6DZeC/bOaOAA/E2hLAA/BRUplB/TM