Tergantung siapa yang lebih care dan lebih banyak spent time . Seperti
kata the Beatles, " and in the end the love we take is equal to the
love we make.."

Kalau anak saya lebih deket ke saya, soalnya lebih sering di rumah,
ngetik dll, ketimbang mamanya yang kerja..kerja..kerja...

--- In ppiindia@yahoogroups.com, aris solikhah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Anak Lebih Taat kepada Bunda, Tanya Kenapa?  Oleh Bayu Gawtama
> 11 Jul 06 06:21 WIB
>    Kirim teman   Gunawan -bukan nama sebenarnya- mengeluh lantaran
Bobby (5), anaknya, lebih mau mendengar kata-kata bundanya tinimbang
dirinya. Bahkan ketika ia harus mengeluarkan perintah dengan nada yang
lebih keras pun, Bobby tetap tak menggubrisnya, bahkan berlari mencari
perlindungan ke Soffie, sang bunda.
>   Sebagai Ayah, Gunawan merasa 'cemburu' kepada Soffie karena tidak
dipatuhi, ditaati bahkan mungkin tidak lebih dicintai oleh Bobby, buah
hatinya sendiri. Haruskah Gunawan menghukum Bobby? Adakah andil Soffie
yang membuat Bobby tak patuh kepada Ayahnya? Benarkah keadaan seperti
ini kesalahan sepenuhnya dialamatkan kepada si kecil Bobby? Atau
memang sangat wajar dan demikian adanya, bahwa anak-anak sudah
sepantasnya lebih dekat dan lebih patuh kepada bunda sebab
kedekatannya selama dalam kandungan, melahirkan dan menyusui.
>   Masalah yang dihadapi Gunawan, hanyalah satu dari sekian banyak
kasus yang terjadi. Tidak sedikit Ayah yang memiliki problem yang
sama, dan sangat mungkin ini menjadi permasalahan bersama para Ayah di
banyak tempat. Tetapi sebelum mengalamatkan telunjuk kesalahan kepada
isteri atau anak-anak akibat keadaan ini, mari melihat apa yang sudah
kita lakukan kepada anak-anak.
>   Untuk kasus Gunawan misalnya. Ia pernah didatangi Bobby saat
tengah sibuk memperbaiki kendaraannya. Bobby yang sering memperhatikan
Ayahnya mengutak-atik kendaraan menganggap sang Ayah adalah montir
handal dan karenanya pastilah bisa pula memperbaiki mobil-mobilan
kesayangannya yang rusak. Namun ketika ia meminta bantuan Ayahnya
untuk memperbaiki mainannya, kekecewaan lah yang didapatinya dari
kalimat, "Pergi sana ke bunda, apa kamu nggak lihat Ayah sedang
sibuk." Bobby yang patah hati pun mendatangi sang bunda. Soffie
mencoba memperbaiki mainan kesayangan anaknya, dan berhasil!
>   Boleh jadi, kerusakan mobil kesayangan Bobby bukan sesuatu yang
parah. Mungkin saja hanya battery-nya yang habis dan tidak akan
menyita waktu banyak untuk memperbaikinya. Pada saat Bobby mendatangi
Ayahnya untuk meminta bantuan, itu lah kesempatan terbaik sang Ayah
untuk berdekatan dengan anaknya, itulah saat-saat emas menunjukkan
perhatian terbaik kepada anak-anak. Nampaknya Gunawan tak menyadari
dan melewatkan kesempatan berharga tersebut. Persepsi Bobby pun
berubah, "Bunda lebih handal."
>   Contoh lain ada di malam hari. Suatu kali Bobby meminta Ayahnya
untuk menemani tidurnya dengan mendongeng. Lagi-lagi Bobby tak
menangkap isarat, bahwa Bobby ingin mendapat perhatian lebih dari sang
Ayah. "Sama bunda saja ya, Ayah lelah sekali," ujar Gunawan.
Barangkali memang Bobby tak tahu kalau Ayahnya lelah setelah seharian
kerja, tetapi Bobby juga seorang anak kecil yang ingin merasa memiliki
Ayah. "Bobby juga punya Ayah kan? Bobby tidak hanya punya Bunda kan?"
barangkali kalimat ini yang bisa menggambarkan perasaan seorang anak
seperti Bobby.
>   Keberadaan Ayah pada saat dibutuhkan, kehadirannya ketika
dinantikan, seringkali menjadi mimpi bagi anak-anak. Terutama bagi
anak-anak yang orangtuanya super sibuk. Jangan heran jika Anda
mendengar cerita tentang anak-anak yang lebih dekat kepada
pembantunya, atau anak-anak yang setiap kali menangis justru berlari
ke pelukan babby sitter dan bukan orangtuanya. Salahkah anak-anak
memiliki perasaan seperti itu?
>   Ketika buah hati Anda tak lebih dekat kepada Anda sebagai Ayahnya,
tak lebih mendengar kata-kata Anda dibanding ucapan sang Bunda, bahkan
tak lebih sayang seperti yang Anda inginkan? Cobalah beri perhatian
lebih kepada mereka. Anak-anak akan berlari mendekat kepada Anda, saat
Anda berjalan mendekatinya. Saat Anda menciumnya di kening, mereka
akan mencium Anda di kening, pipi, mulut, hidung dan dagu Anda. Ketika
Anda mau mendengarkan mereka barang sedetik saja, mereka akan
melakukan apa saja yang Anda inginkan. Cobalah.
>   Bayu Gawtama ([EMAIL PROTECTED])
>

> The great job makes a great man
>   pustaka tani
>   nuraulia

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/2pRQfA/bOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM