Tidak ada negara demokratis yang tidak mengecam keras sikap AS. Juga
Koffi Annan.

Austria sampai sekarang MENOLAK masuk NATO. Mengapa bung? Untuk
menunjukkan kemandirian politik LN. Ini negeri yang hanya
berpenduduk 7 juta!

Austria, dan EU tak main symbol symbolan. Ya ya tidak tidak. Satu
persatu pemerintah EU menarik pasukannya dari IRAK. Mengapa?

Kalau AS mengembargo kita dengan senjata, bung, itu sangat sensitif.
Persenjataan kita, juga AL termasuk Marinir sudah jompo. Ini bukan
sekedar symbol dari AS.

Maksud saya, bung Satrio, kalau kita tak setuju, bahkan protes
terhadap politik siapapun, termasuk AS, tunjukkan, kirim nota
diplomatik, tak perlu pakai embargo embargoan yang politically
economically a triffle thing.

Kita TIDAK terpuruk oleh sikap bangga atau tak bangga. Di zaman bung
Karno, dimana kita SANGAT bangga, kita JUGA terpuruk. Kuba yang
sangat bangga dan kepala tegak penuh harga diri, juga sangat
terpuruk. Bukan bukan itu sebabnya.

Indonesia pasti berarti. Kalau tidak siapa yang mau deal dengan
kita? Anda lihat kan di Irian Jaya? perusahaan penting AS deal
disana dengan SDA kita. Lalu?

Austria juga sangat bangga diri. PERTAMINAnya Austria, memiliki
saham saham pada proyek pengeboran internasional, hadir di-mana
mana, juga dipertambangan Australia yang jauh. Tanpa banyak omong,
dengan kinerja dan nalar.

Eropa membangun industri angkasanya sendiri, untuk menantang Boeing.
Tanpa banyak omong. Baik aviasi sipil maupun militer. Juga Putin,
yang selalu berunding dengan Bush dengan kepala tegak!

Ini adalah proud yang bernalar, bukan proud sekedar emosi (bakar
bendera dsb).

Demikian pula PETRONASnya Malaysia. Berjaya!

That's the difference.

Bahwa pejabat kita, seperti bung katakan, bermental budak, kita
harus nilai bersama. saya lebih cenderung mengatakan "buyable". Ini
soalnya.

bagaimana?

--- In ppiindia@yahoogroups.com, Satrio Arismunandar
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Bung, ngerti artinya SIMBOLIS nggak sih? Namanya saja
> SIMBOLIS, tentu saja dampaknya tak signifikan. Tapi
> orang harus punya sikap, kalau ingin dihargai.
>
> Cinta? Tidak penting cinta atau tidak cinta. Yang
> penting Anda ikut maunya saya. Itulah hakekat hubungan
> antar negara, tidak romantis memang karena ini real
> politic.
>
> Nah, kembali ke soal sikap simbolis, bahkan pemimpin
> (boneka) Irak sekarang saja bersuara keras mengecam
> pemboman Israel terhadap Hizbullah! Mengapa? Bukankah
> dia jadi pemimpin Irak karena DIRESTUI AS?

> [...]

Yahoo! Groups gets a make over. See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/XISQkA/lOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM