Berdasarkan budaya Mesir purba proses penuaan itu terjadi, karena
adanya penyakit yang berkatian dengan jantung. Mereka percaya bahwa
jantung itu adalah pusatnya dari kehidupan itulah sebabnya mengapa
jantung mumi tidak boleh tersentuh.

Usia kalender seseorang dengan mudah kita ketahui berdasarkan
tanggal lahirnya, tetapi bagaimana kita bisa mengetahui dengan pasti
usia biologisnya seseorang. Apakah bisa dijamin orang yang
berpenampilan muda usia biologisnya pun masih muda ? Belum tentu,
sebab sekarang ini banyak sekali orang yang pakai topeng atau dempul
agar kelihatan tetap awet muda terus; mulai dari suntik botok s/d
operasi plastik, walaupun demikian para ahli telah menemukan satu
cara yang jitu bagaimana kita bisa menentukan usia biologisnya
sesesorang.

Hampir semua sel dalam jaringan tubuh kita mengalami penggantian
dengan yang baru, walaupun demikian ada beberapa sel yang sangat
lambat, seolah tidak pernah mengalami pergantian sama sekali;
misalnya jaringan kollagen, sehingga bisa dipastikan bahwa jaringan
Kollagen yang kita miliki sekarang ini masih sama seperti jaringan
Kollagen pada saat ketika masih bayi. Oleh sebab itulah untuk
mengukur kemunduran atau peningkatan usia biologisnya seseorang bisa
ditentukan melalui jaringan Kollagen ini yang lebih dikenal dengan
sebutan Indeks Kollagen.

Tidak bisa dipungkiri semakin bertambah usianya seseorang semakin
bertambah pula gejala sering lupa, sehingga timbul
pertanyaan: "Apakah saya ini sudah dalam proses menjadi Wong Pie Kun
atau Alzheimer ?" Belum tentu ! Sebab gejala lupa ini bukan saja
dialami oleh kaum manula, bahkan yang usianya dibawah 40 tahun
sekalipun sering mengalami gejala yang serupa. Sebenarnya hal ini
tidak harus terjadi, sebab telah terbuktikan bahwa setiap orang bisa
hidup sehat tanpa harus jadi pikun sampai lanjut usia diatas 80
tahun.

Dr Elkhonon Goldberg Profesor Nuerologi dari New York University
pernah mengadakan penelitian terhadap seratus orang yang sudah
dianggap pikun, sebab mereka sering lupa dimana meletakan kunci,
lupa memadamkan lampu maupun air, lupa nama, lupa alamat dsb-nya.
Orang-orang pelupa ini diberikan latihan otak selama tiga bulan;
dimana antara lain mereka diwajikan mengisi TTS, menghafalkan
formula ilmu pasti ataupun kata2 dalam bahasa asing ataupun menyusun
puzle. Ternyata 70% dari mereka kadar penyakit lupanya bisa
berkurang dan 40% menjadi sembuh total. (Sumber: Learning and
Memory – E. Goldberg )

Kemunduran dari jaringan sel otak (neuron) terjadi, karena jarangnya
dipakai sebagai contoh otot tidak akan berkembang, bahkan akan jadi
mengecil apabila tidak dipergunakan. Di sisi lain bila jaringan atau
organ terus dipakai atau dilatih, maka ini pasti akan bisa
berkembang atau tumbuh sesuai beban latihan yang diterima.

Hal ini telah dibuktikan terhadap tikus, dimana tikus tsb otaknya
dipacu untuk selalu mengadaptasi lingkungannya. Antara lain
kandangnya di pindah-pindah ke tempat yang berbagai macam warna,
bahkan dengan bau yang berbeda misalnya melaui semprotan minyak
wangi, sehingga mau atau tidak mau otak sang tikus tsb harus selalu
belajar menyesuaikan dengan hal-hal yang  baru. Hal ini membuat otak
sang tikus jadi tumbuh dan berkembang.

Telah terbuktikan pula untuk setiap jam dimana Anda nonton TV film-
film ala sinetron ataupun cersil bersambung otak Anda akan menjadi
semakin dungu, bahkan ini bisa meningkatkan faktor risiko penyakit
Alzheimer Anda sebanyak 1,3 kali lipat. Kebalikannya bagi mereka
yang sering melakukan aktivitas bergaul di luar rumah; entah dalam
lingkungan keluarga, agama maupun olahraga dapat mengurangi risiko
faktor tsb. (Sumber: Majalah Brain and Congniction).

Kebanyakan kaum manula mempunyai prinisip pemikiran: "Sekarang sudah
pensiun jadi sudah tiba waktunya bagi saya untuk istirahat, sambil
mempersiapkan diri untuk pulang ke sorga, karena masa hidup saya di
dunia ini akan segera berakhir !" Ini adalah satu pandangan dan
pemikiran yang salah, walaupun kita sudah mencapai usia pensiun, ini
bukannya berarti saya harus istirahat, karena hal ini hanya akan
mempercepat proses penuaan sebagai orang pikun.

Cara terbaik untuk mencegah atau memperlambat proses penuaan ialah
aktiv terus, walaupun usia sudah lanjut kenapa kita tidak memulai
belajar bahasa asing, pada saat ini mang Ucup sedang memperlajari
bahasa Ibrani maupun bahasa Yunani. Seminggu lima kali saya joging
selama satu jam, disamping itu seminggu dua kali main tenis dengan
lawan yang usianya jauh lebih muda dari saya. Sedangkan hampir
setiap weekend pergi ke disco maklum punya hobby dance Rock ´n Roll.
Saya juga masih tetap melakukan kegiatan bisnis di kantor dan juga
menulis artikel hampir setiap hari maupun bergabung di 40 macam
milis jadi waktu berleha-leha untuk nonton TV itu hampir tidak ada.

Perlu Anda ketahui bahwa giginya mang Ucup masih utuh semuanya
disamping itu tekanan darahnya mang Ucup sekarang ini 130/80 dan
jarang sekali jatuh sakit, mungkin setahun sehari atau dua hari kena
flu, selain dari itu hampir tidak pernah jatuh sakit, ini bisa Anda
buktikan sendiri dimana saya jarang absen nulis ! Pada saat ini saya
sedang training untuk turut Amsterdam Marathon pada tgl 15 Okt 2006 -
  lari 40 km.

Apakah Anda ingin tahu bagaimana resepnya agar bisa tetap sehat
terus dan juga tetap berpenampilan awet muda. Untuk ini bacalah
artikel "Rahasia Awet Muda" yang hanya bisa dibaca di situs:
www.mangucup.org

Mang Ucup
Email: [EMAIL PROTECTED]
Homepage: www.mangucup.net

Something is new at Yahoo! Groups.  Check out the enhanced email design.
http://us.click.yahoo.com/SISQkA/gOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM