Mas Irwan,

Saya tidak melihat fair atau tidaknya dalam konteks
penghujatan keduanya terhadap Islam. Tapi fair-nya
justru karena keduanya cetek vs. cetek!

Kalau Anda jeli, Anda bisa melihat bahwa Indonebia ini
pun sebetulnya menghina Islam, meski dengan cara
terbalik, seolah-olah dia satu kubu dengan FPI, MMI,
dsb.

Indonebia sengaja merepresentasikan diri sebagai orang
Islam yang konyol, tolol, idiot, fanatik buta, rasisme
pro-Arab, sehingga akan dihantam dengan mudah. Memang
itu tujuannya! Karena Indonebia ini nama samaran,
makan yang akan dihantam adalah simbol Islamnya.

Provokasi yang mirip dilakukan oleh Hafsah Salim alias
Ny. Muslim. Provokasi ini mencapai puncak yang paling
memuakkan, karena dia terus-menerus menghina Islam dan
Nabi Muhammad SAW, dengan secara pengecut berlindung
di balik nama Islam itu sendiri!! (Ny. MUSLIM, Salim =
Salam = Islam)

Saya sudah jauh-jauh hari males melayani miliser
semacam Hafsah Salim, Indonebia, dll itu. Saya punya
respek pada siapa pun yang berani bicara, dengan
pasang nama asli, meski pendapatnya mungkin
bertentangan dengan saya. Artinya, mereka berani
bertanggung jawab atas ucapannya.

Tapi orang /miliser yang hobinya menghujat pihak lain,
agama orang lain, tetapi dia sendiri bersembunyi, tak
berani pasang nama asli, nggak usah dianggap serius.
Hafsah Salim alias Muskitawati dan Indonebia tak
pantas diapresiasi begitu tinggi dengan ditanggapi.

Untuk memancing tanggapan, mereka memang sengaja
mengirim posting-posting yang naudzubillah
provokatifnya. Sangsat sulit bagi miliser lain untuk
tidak menanggapi (baik menanggapi secara sopan, maupun
dengan marah-marah).

Namun, semakin ditanggapi ramai di milis, ego mereka
pun makin melambung, karena berhasil memprovokasi dan
merasa diri jadi penting. Mereka dengan tertawa
menikmati kebodohan kita yang terpancing provokasinya.

Perasaan puas diri dan bangga ini menimbulkan
"ekstase" di benak mereka, yang mendorong mereka
mengirim  posting-posting baru yang lebih ekstrem
lagi, atau bahkan memuakkan... (bagi mereka itu tidak
penting, yang penting ada banyak reaksi dan
kontroversi sengit).

Jadi, Mas Irwan dan teman-teman milis lain, lupakan
saja Hafsah Salim dan Indonebia itu. Tak perlu
melayani orang sakit, nanti kita ketularan sakit.

Satrio

http://mail.yahoo.com