Maaf mas, impian saya bukan pan Islamisme apalagi Pan arabisme.^_^

Yohanis Komboi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  Mbak Aris,

Nationalisme itu -isme yg runutbaliknya akan menemukan keberagaman geofisik
pada setiap pengusungnya. Artinya, dia akan sangat bisa berbeda dari orang
ke orang karena selain beda faktor geofisik, juga manusia difitrahkan beda
dalam memahami fenomena di sekitarnya.

Mimpi Anda tentang 'pan-islamism' nggak ada yg salah. Dia valid sbg mimpi yg
dng sendirinya bolehboleh saja. Tetapi, merefer ke tulisan di atas, dia
menjadi tidak valid karena berarti Anda harus menisbikan faktor keberagaman
dan fitrah untuk berbeda dalam memahami fenomena alam.

Bacaan di atas tetep saja nggak aneh, pun kalau kita bawa ke kontext
israel-palestina-lebanon. Sebetulnya ya wajar saja tho kalau kasihsayang
umat islam dunia tdk menjangkau kesana? Apalagi kalau diingat bahwa setiap
individu, nggak perduli islam-kristen-yahudi memiliki kewajibankewajiban yg
sangat erat kaitannya dengan geofisik masingmasing.

Saya cumak mencoba realistis lho ya.

yk

On 8/9/06, aris solikhah wrote:

> Akhirnya saya berpikir, nasionalisme yang bercokol ditubuh umat ISlam,
> sebenarnya penghambat persatuan mereka di seluruh dunia. Wajar bila saya
> katakan, nasionalisme itu juga sesuatu ide di luar Islam apalagi sepahaman
> saya hadis, Cinta tanah air adalah sebagian Iman adalah hadis palsu.
> CMIIW....
>
> Nasionalisme tembok besar penghalang.. kasih sayang umat Islam dunia tak
> sampai di Lebanon dan Palestina atau negeri-negri terzalimi lain secara utuh
> dan sempurna.

The great job makes a great man
  pustaka tani
  nuraulia