Mas Nugroho,

Apakah artikel majalah tempo edisi senin 14 agustus itu akan ditaruh di
Tempo online? Agaknya akan sangat menarik artikel itu.

Saya teringat akan pengalaman 'berjalanjalan' menyusuri bbrp wilayah kota di
pesisir utara Papua di thn 2003. Saat itu pertanyaan "bisakah kita hidup
bersama?" terus memenuhi kepala. Begitu jauhnya jarak antara realita dan
wacana, antara decision dan implementation, antara saya dan temanteman di
sana. Bbrp events memaksa saya berpikir seolah Papua sengaja  dibiarkan
dalam vacuum, diserahkan nasibnya kepada kebijakan alam... itu pada saat
Kuala Kencana dan Bintuni sudah penuh gebyar kemudahan dan pada saat Otsus
sdh memasuki tahun ketiga. Diskusi dengan temanteman pendukung aspirasi
Papua merdeka semakin mempertegas adanya persepsi dan tatanilai baru yang
sedang marak tumbuh, yaitu tatanilai yang lebih merupakan ethnic / communal
identity. Bagi mereka, temanteman itu, pemihakan mereka bukanlah keputusan
mewah. Dalam banyak hal, mereka bahkan tidak memiliki pilihan lain. Sangat
centang-perentang bahwa ada prasyarat minimum yg mesti dipenuhi untuk bisa
meletakkan proses identity building yg sedang berlangsung di Papua itu pada
track yg lebih bisa diterima semua pihak.

ada sekelumit cerita juga dari tanah papua. sayang anda tinggal di tokyo
sana, mungkin sulit mendapat tempo.

btw, saya kagum dengan hidup anda yang kosmopolit: berbahasa belanda,
inggris, indonesia, jawa, tinggal di tokyo, kampung di manokwari. luar
biasa!

Sebaliknya mas Nugroho. Kebisaan mengakses berbagai ragam sumber informasi
justru menyebabkan kita cepat merasa kecil, bodoh. Paling tidak itu yg saya
rasakan. Dan nampaknya juga bener wong selalu saja ada yg memprotes cara
saya nulis... walau saya paham maksudnya baik  :-p

Gitu dulu ah... tak macul lagi.

yk