"Hate" merupakan "personal feeling" dan dlm penegakan
hukum "perasaan pribadi" harus diregulasi agar jangan sampai
mempengaruhi pelaksanaan tugas katakanlah seorang polisi.

Contoh spt yg dikemukan ibu Carla banyak yg terjadi. Misalnya, si
polisi ini punya saudara atau kenalan dekat yg pernah diperkosa
(apalagi kalau pacarnya yg juga jadi korban). Ketika suatu hari dia
mempergoki terjadi perkosaan, kebencian terhadap pemerkosaan yg
mengendap selama ini dlm benaknya, mencuat, maka dihajarnyalah si
pemerkosa itu (dgn alasan si pemerkosa melawan, milsnya) sampai si
pemerkosa tidak bisa dikenali lagi wajahnya....dan
mungkin "burungnya" disuntik dgn virus avian.... biar afkir.

Jelas tindakannya itu akan dipersoalkan secara hukum, tidak bisa
dibenarkan.

Singkatnya, "hate" betapa kecil pun kadarnya, bersifat destruktif.
Demikian menurut hemat saya.

sg

--- In ppiindia@yahoogroups.com, carla annamarie kneefel
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> pak...
>
>   "Hate" is a strong word...
>
>   Hate" yg bpk maksudkan adalah konteks hukum.., seorang polisi
yang membenci kejahatan, terkadang in some circumstances harus
menembak pistolnya...tp menurut saya sangat lah dangkal apabila
dikaitkan dengan konteks yang sedang dibicarakan atau dgn posting
email pak badrun.

>   Polisi ditunjuk oleh UU dan hukum sebagai aparat penegak hukum,
para pelanggar hukum akan melalui proses peradilan dahulu, polisi
tidak bisa menembak tanpa adanya proses hukum terlebih dahului peran
dan fungsi polisi telah diatur dalam UU, apabila polisi melakukan
penembakan itu hanya dapat dilakukan dalam keadaan terpaksa, bukan
karena membenci kejahatan tanpa terkait unsur keadaan dan menembak
civilian (atau sipil) setau saya ada aturannya pak..dan bukan tembak
mati.
>   anyway ditambah lagi point dari email pak badrun is "hate" not
circumstances.

>   hate is a strong word, polisi boleh membenci perbuatan
kejahatannya tapi bukan personnya, polisi have a job to put their
personal feelings aside not mixed it with his duty.
>   saya jadi inget ada suatu kasus: dimana ada seorg polisi yang
saking membenci sama perbuatan seorg pemerkosa sampe menganiaya
pemerkosa ini sampe babak belur (belom nembak loh..pak), tapi dimata
hukum apakah tindakan polisi ini dapat dibenarkan? jawabannya tidak,
karena segala sesuatu harus melalui proses peradilan, presumption of
innocent.

> [...]
>

>   rgds,
>   Carla
>

> Alpha Bagus Sunggono <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           Ibu Carla,
>
> terkadang "hate" memang diperlukan pada "dosage" tertentu.
> Contoh :
>
> Seorang "Police" sejati, musti merasa "hate" pada "crime",
> sehingga termotivasi untuk menjadikannya "no crime",
> entah disadarkan atau dihancurkan.
>
> Terkadang dia musti menembakan pistolnya toh?
> ini juga Demiiiiii ...... Society ..
>
> demi ketentraman masyarakat .
>
> Pada tanggal 06/08/11, carla annamarie kneefel

revenge, bloodshed, and killings each other.

can heal the wounds and share forgiveness amongst nations...