From: ppiindia@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On
Behalf Of Al-Badruuni Enterprise
Sent: Monday, August 14, 2006 11:36 AM
To: ppiindia@yahoogroups.com
Subject: Re: [ppiindia] Ubahlah Bencimu Menjadi Cinta

Wah,masih susah Pak Agus......

agussyafii <[EMAIL PROTECTED] <mailto:agussyafii%40yahoo.com> com>
wrote: Ubahlah Bencimu Menjadi Cinta

Berteman dengan siapapun buat saya adalah sesuatu yang
menggembirakan. Banyak mutiara hikmah yang berserakan dimanapun
justru yang muncul dari orang-orang yang sederhana. Salah satunya
penjual sate ayam. Awalnya saya mengenalnya dibulan suci ramadhan
beberapa tahun yang lalu. Orang Madura ini baik dan ramah. Itulah
yang membuat dagangan satenya menjadi ramai.

Pada suatu hari dia bertutur bahwa pada saat bulan tertentu seperti
bulan ramadhan dirinya bisa kuwalahan melayani pembeli. Sampai dia
mengajak sanak saudaranya ikut membantunya berjualan, termasuk
bapaknya sendiri. Katanya, pada satu sore para sudah banyak pembeli
yang mengantri. Bapak dan saudara-saudara sibuk melayani sementara
dirinya pulang untuk mengambil lontong dan sate ayam dirumah.
Sekembali ke warung dan pembeli sudah mulai berkurang. Adzan maghrib
berkumandang. Sang bapak menghampiri dirinya dan mengatakan kalau
kotak uang penjualan hari ini telah hilang diambil orang. Sebagai
gantinya bapaknya bersedia bekerja selama ramadhan tidak usah
digaji.

Hari telah berlalu, seminggu kemudian. Abis jelang adzan maghrib ada
seorang pemuda pesan sate ayam beserta lontong. Bapaknya langsung
melayaninya. Orang itu dilayani dengan istimewa, membuat anaknya
menjadi heran, kenapa bapak memperlakukan dia sangat istimewa. Mulai
dari membakarkan sate, menyiapkan lontongnya, teh hangatnya dengan
sangat ramahnya.

"Bapak, siapakah dia? Kenapa bapak melayani dengan sangat istimewa?
Apa dia pejabat kelurahan?" Katanya penuh keheranan.

"Bukan. Dia adalah yang mengambil kotak uangmu tempo hari." Jawab
bapaknya. Mendengar jawaban bapak seperti itu rasanya darah saya
mendidih. Pengen rasanya saya luapkan amarah saya pada orang itu.
Tapi bapak saya mencegahnya dengan mengatakan. "Jangan kamu luapkan
amarahmu. Dia adalah guru sejatimu sebab dari dialah, dirimu bisa
belajar mengubah bencimu menjadi Cinta."

Saya dibuat tertegun mendengar tutur katanya. Sayapun sempat
bertanya dalam hati, Mengubah benci menjadi cinta? Apakah mungkin?
Bagaimana menurut anda?

Wassalam,
Agussyafii
http://agussyafii. <http://agussyafii.blogspot.com> blogspot.com