terimakasih buah mas agus-syafii dan mba lina mengenai
tambahan 'informasi' nya mengenai *-ngelmu persetanan,
ngelmu per-iblis-an dan ngelmu per-jin-an * ... :)

                           ***

salah satu isi quran di bidang aqidah ( & 'filsafat')
yang paling menarik perhatian saya adalah memang
Ayat-2 "Genesis" ( penciptaan ) ini. Menurut filsafat
ilmu < epistemology, istilah bahasa "keju" nya :) >,
pengetahuan ( tentang kebenaran ) itu bersumber
pada 3 hal:

   <A> pengetahuan yang berasal dari wahyu
   <B> pengetahuan yang berasal dari akal
   <C> pengetahuan yang berasal dari hati
       nurani & kesadaran spiritual

Orang yang hanya mengandalkan <A> dan mengabaikan
sumber <B> dan <C> biasanya disebut "literalis",
dan dalam bentuk ekstrimnya, bentuk pemahaman
seperti ini dikhawatirkan akan menghasilkan
sikap yang disebut sebagai *-religious-bigotry-*,
yang bisa jadi akan menyimpang dari hakekat kebenaran
itu sendiri ... artinya kesetiaan pada sumber wahyu
yang * out-of-proportion * bisa juga punya resiko
menimbulkan salah tafsir dari hakekat 'pesan'/' the
core-message' dari wahyu itu sendiri, yang artinya
juga kesesatan.

Orang yang hanya mengandalkan sumber (B) sebagai
satu-2 nya sumber dan mengabaikan sumber lain
biasanya disebut sebagai kelompok "liberal",
seringkali tanpa menyadari keterbatasan dari
akal itu sendiri, bisa terjebak dalam kesesatan
juga.

Orang yang terlalu mengandalkan sumber (C) dan
mengabaikan sumber (A) dan (B) resikonya adalah
menjadi 'mabuk' dan terjebak ke alam 'mistik'.
Saya tidak memandang bahwa Sufi-ism itu kelompok
(C) yang ekstrim semacam ini. Tetapi, kritik
saya, sebagian tokoh-2 Sufi yang besar, meskipun
mereka sendiri (insya Allah) mampu menemukan
jakan kebenaran dengan 'cara mereka', tetapi
sering kali orang lain yang 'awam' yang
merasa tertarik dan mencoba mengikuti mereka,
karena susah memahami hakekat jalan yang mereka
tempuh, akhirnya hanya memahami 'sufi' secara
sepotong-sepotong, yang juga beresiko membawa pada
kesesatan.

                    ***

Solusinya? tentu saja mudah diduga: perlu penggabungan
yang 'optimal' dari ketiga sumber kebenaran di atas,
agar usaha kita 'menemukan' jalan menuju kebenaran
disebut 'optimal' ...

                    ***

Dengan kerangka berfikri seperti di atas, saya
mencoba memahami konsep "Genesis" nya Quran

( penciptaan alam semesta yang kemudian titik
  klimaks nya adalah penciptaan 'Adam' sebagai
  'proyek' rancang bangun prototip pertama dari
  ummat manusia ). Ada 2 butir pemikiran yang
  ingin saya sampaikan, yang merupakan pemahaman
  "baru" saya terhadap ayat-2 mengenai "Genesis"
  di dalam Quran:

 (A) Pertama-tama mengenai aspek "bahan baku":

     Quran (sebagaimana juga Bible) menyebutkan bahwa
     manusia diciptakan dari 'tanah'. Kebetulan
     di dalam bahasa Ibrani (Hebrew), kata 'Adama'
     itu memang artinya +/- tanah-liat ( bahan untuk
     membuat benda-benda tembikar/keramik ).

     When I was 'young', memang secara "taqlid"
     saya ikuti saja tafsir "tradisional" mengenai
     disebutnya kata "tanah" sebagai "bahan baku"
     dari manusia di dalam Quran: Kebayang, pada
     saat itu, Tuhan "bermain-main" dengan tanah
     liat, lalu dikepal-jepal, dipilin-pilin, sehingga
     bentuknya menjadi mirip tubuh manusia, lalu
     ke dalamnya Tuhan "meniupkan ruh", maka kepalan
     tanah liat itu pun serta merta ter-transform
     menjadi manusia, the most 'sophisticated'
     creature.

     Tetapi setelah menelaah berbagai pustaka yang
     membahas aspek filsafat & sains mengenai makhluk
     hidup dan alam semesta ini, ditambah upaya
     perenungan, saya sampai pada kesimpulan/tafsir sbb. :

      => Menurut sains (biologi) bahan baku dari
         tubuh/jasad manusia adalah bahan-2 organik
         sebagaimana makhluk hidup lainnya

         Bahan organik: bahan yang salah satu cirinya
         merupakan susunan dari rantai Hidro-karbon (C-H).

         Salah satu ciri 'praktis' dari bahan organik:
         bisa dijadikan "bahan bakar": bila dibakar
         ( di"bakar" = direaksikan dengan oksigen pada
                       temperatur tinggi )
         akan menghasilkan energi/panas, dan/lalu
         akan terurai menjadi bahan-2 an-organik: CO2,
         CO, C, H2O (uap air) >

         Sepintas lalu tinjauan Science terasa tidak 'klop'
         dengan informasi kitab suci yang menyebutkan bahwa
         jasad manusia dibuat dari tanah!

      => Tetapi hal yang sering kita lupakan adalah bahwa
         jasad makhluk hidup memang kesannya *- terbuat dari
          bahan organik -*, tapi itu s.e.l.a.m.a makhluk hidup
          ini dalam keadaan "hidup". Begitu suatu organisme
          mati, dan jika dia "tergeletak" di atas, ato
          terkubur di dalam tanah, maka bakteri-2 pengurai
          akan segera menyerbu dan "memanfaatkan" jasad
          makhluk hidup itu, serta m.e.n.g.u.r.a.i kannya
          kembali menjadi zat-zat an-organik: C-H-O-N dsb.
          dsb.

          Kalau kita menguburkanm jasad manusia (ato kadang-2
          juga jasad hewan) yang telah mati, kita akan mengatakan
          bahwa dalam waktu bbrp. bulan, jasad itu akan 'lenyap
          dan menjadi tanah' < kecuali bagian tulang-2 nya >.

          Orang-2 kristen (mungkin berdasarkan Al-Kitab) pada
          upacara pemakaman sering mengatakan: "Dust-to-Dust",
          sesuatu yang terbuat dari 'debu' akan kembali menjadi
          'debu' lagi ...

          Jadi tafsir-an saya mengenai "tanah", bahan baku
          yang digunakan untuk membuat jasad manusia (juga
          jasad makhluk hidup lainnya) adalah = zat-zat An-organik.

             Jadi 'zat' tanah = zat An-organik!

                          *** as simple & clear as that!!! ***

    =>   Sekali lagi, zat organik itu hanya eksis di dalam
         tubuh makhluk hidup yang MASIH hidup. Begitu sudah
         mati, jasad nya akan terurai kembali ke zat anorganik,
         zat 'tanah', zat 'bumi', dari mana kita semua berasal.

         Dengan kata lain selama suatu organisme hidup, ada
         suatu "kekuatan" yang bersifat "mempertahankan"
         (to hold together) zat-zat organik tadi sehingga
         tetap sebagai zat organik. Mekanisme "mempertahankan"
         ini secara biologi/biokimia, digambarkan berlangsung
         melalui proses metabolisme (proses-2 pertukaran materi
         & energi ). Sains sampai saat ini (dan saya yakin sampai
         kapanpun ) tidak mampu menjelaskan apa sebetulnya hakekat
         "kekuatan" yang 'hold-together' zat-zat organik di tubuh
         kita; yang jika menggunakan bahasa wahyu sangat mudah
         diungkapkan, yaitu : Nyawa!

         Nyawa lah yang merupakan sumber/kekuatan yang membuat
         organisme menjadi "hidup". Pada saat organisme itu
         mati, kita mengatakan bahwa Nyawanya telah meninggalkan
         jasadnya. Katakanlah jika pada saat t = t0, suatu
         organisme (termasuk manusia) dinyatakan mati secara
         biologis/medis, maka saya yakin dalam tempo beberapa
         milisecond sesudah t0, belum terjadi perubahan yang
         berarti pada susunan molekuler jasadnya; artinya sel-2
         di dalam jaringannya umumnya masih 'utuh', sama dengan
         pada saat organisme tsb. masih dalam keadaan hidup.
         Perbedaannya adalah pada level "makro": pada hewan
         tingkat tinggi, keadaan 'mati' a.l. ditandai dengan
         berhentinya sinyal listrik pada jantung (ECG) serta
         sinyal listrik dari otak (EEG). Apa yang menyebabkan
         "sinyal" ini lenyap? / pertanyaannya bisa dibalik:
         apa yang membangkitkan sinyal EEG dan ECG pada manusia
         yang masih hidup? ujung-ujung nya nanti akan kembali
         pada sumber kehidupan itu: nyawa.

         Dari pemahaman di atas, bagi saya tidak lah terlalu
         "sulit" memahami ayat-2 yang menyebutkan proses
         terjadinya makhluk hidup: dalam kasus penciptaan Adam,
         juga penciptaan burung pada kisah salah satu Nabi:
         yaitu pertama-2 disiapkan jasadnya dulu yang dibuat
         dari zat anorganik. Sesudah itu lalu sang Pencipta
         "meniupkan ruh" ke dalam struktur/jasad ini, sehingga
         lalu berubah menjadi struktur/organisme yang hidup.

                                ***

         Berbeda dari manusia yang diciptakan dari zat "tanah"
         atau "zat bumi", menurut Al-Quran, Malaikat diciptakan
         dari "cahaya", sedangkan iblis-syaitan serta jin
         diciptakan dari "api".

         Tafsiran saya: jika jasad manusia diciptakan dari
         materi, dalam hal ini zat anorganik, maka malikat
         sebetulnya adalah suatu wujudan/entitas "energi"
         ( cahaya adalah energi ). Demikian pula Iblis-syaitan,
         dan jin diciptakan sebagai wujudan (entitas) dari
         nyala api. Api di sini mungkin bisa ditafsirkan
         sebagai wujudan dari energi panas. Kalau kita
         menggunakan model gelombang elektromagnet, maka
         cahaya tampak merupakan bagian dari gelombang EM
         dengan frekuensi yang tinggi, sedang gelombang
         infra merah (IR) adalah bagian dari spektrum gelombang
         EM berfrekuensi rendah yang umumnya menimbulkan panas.

                                 ***

(A) Kedua mengenai penciptaan "Sistem-Nilai"

    Kalau membaca ayat-2 Genesis nya Quran, kita
    diberitahu bahwa peristiwa Iblis melakukan
    "pembangkangan" terhadap perintah Allah itu
    baru terjadi sesudah Adam (manusia) diciptakan.
    Apakah artinya sebelum itu Iblis belum pernah
    melakukan pembangkangan/pelanggaran yang lain?

    Juga sesudah itu, bahwa Iblis mendapat konsensi
    "HPH" untuk menggoda manusia, "ide proyek/pekerjaan"
    seperti ini baru "terfikir" oleh Iblis sesudah
    adanya manusia. Artinya sebelum manusia ada, apakah
    artinya Iblis punya kegiatan/pekerjaan lain (yang
    'positif'/'bermanfaat')? :) ato-kah dia selama itu
    menjadi 'penganggur'? :)

    Dengan kata lain sebelum adanya manusia/Adam, bagi
    kita tidak jelas, apakah sebetulnya Iblis itu
    mahkluk yang 'baik' ataukah 'jahat' ataukah 'netral'? :)

    Lalu ditambah dengan episode, Adam dan Hawa memakan
    "buah terlarang", meskipun sudah dilarang oleh NYA.

    Point-nya adalah, ayat-2 di bagian ini meng-establish
    suatu sistem nilai (hukum/undang-2) yang baru dari
    Tuhan, yaitu:

      => perbuatan makhluk Tuhan disebut "baik" apabila
         itu sesuai dengan perintah NYA

      => dan disebut buruk apabila itu bertentangan
         dengan perintah NYA, atau melanggar larangan NYA

                              ***

    'Pemikiran' di atas saya coba 'sanggah sendiri' :)
    Masih pada kumpulan ayat-2 'Genesis' (yang a.l. ada
    di surat 2:Al-Baqarah): ketika Allah "presentasi
    project proposal" di depan para Malaikat, memberi
    tahu bahwa Dia punya proyek besar, akan menciptakan
    prototip makhluk baru yang dinamakan manusia, serta
    merta para Malaikat protes, ada yang skeptis, apakah
    Tuhan tidak 'khawatir' nanti makhluk baru yang diciptakan
    akan saling menumpahkan darah antara sesamanya?

    < pertanyaan Malaikat ini menarik, karena tafsiran menurut
      'selera saya' : mungkin pada saat malaikat melihat
      'presentasi dari Tuhan menggunakan software PowerPoint'
       dan Malaikat melihat desain 'bentuk fisik' makhluk baru
       tsb. kok 'mirip-2' dengan makhluk yang sudah ada sebelumnya:
       misalnya manusia-2 purba: Pithecanthropus erectus,
       Homo erectus dsb. yang kerjaan-nya tiap hari saling
       bertarung dan bunuh-membunuh dengan sesamanya ... :
       Makanya dari mereka keluar pertanyaan seperti itu,
       ini hanya spekulasi saya, tentu saja ... :) >

                                 ***

   The last thing, melihat kilas balik sejarah keberadaan
   manusia (homo sapiens) yang katakanlah sudah ada sekitar
   10.000 atau 100.000 tahun di muka bumi ini, saya seringkali
   berfikir bahwa apa yang sudah dikhawatirkan para Malaikat
   di atas - koq - rasanya benar-2 terjadi:

   Kita ini mungkin satu-satunya spesies di muka bumi yang
   saling membunuh dan saling menumpah kan darah sesama kita,
   sesuatu yang bahkan jarang sekali terjadi pada makhluk-2
   /hewan yang lebih rendah dari kita yang selama ini kita
    kita sebut hewan buas: Singa, Heyna, dsb. dsb.

   Wallaahu A'lam