dalam islam, nuansa feminin masih terlihat sisa-sisanya
pada ajaran syiah. (paling tidak itu yang saya amati
secara amatir).

ada penghormatan yang begitu tinggi terhadap fatimah,
yang dianggap sebagai cikal bakal 12 imam.

lukisan, kaligrafi, dan ungkapan-ungkapan yang memuji
fatimah bertebaran di rumah-rumah penduduk iran (atau
penganut syiah di indonesia) sampai sekarang.

dalam nikah mut'ah versi syiah, peran perempuan juga
amat menentukan.

pengantin perempuan yang mengucapkan ijab dengan
mengatakan: "aku kawinkan engkau dengan diriku sendiri
dengan mas kawin..... dalam tempo.... untuk mendekatkan
diri kepada Allah."

sedangkan pengantin laki-laki hanya berlaku pasif dan
mengucapkan kabul: "aku terima."

tapi warna feminin ini sekarang makin pudar. nikah mut'ah
banyak dipermainkan untuk prostitusi terselubung.

para mullah (di iran, irak maupun libanon) cuma terdiri atas
kaum pria.

kegiatan perempuan bahkan dibatasi dengan menyitir ayat-ayat
qur'an yang ditafsirkan/dipengaruhi kultur arab dan persia
kuno yang patriarki.