Kecelakaan Itu Membuatnya Tersadar

Setiap orang pernah mengalami kecelakaan, entah kecelakaan kecil
seperti jari yang ke iris pisau atau kecelakaan yang bisa berakibat
fatal. Seringkali kecelakaan mempengaruhi sikap dan perilaku
seseorang dan membuat cara pandang hidup seseorang berubah, cara
perilaku, cara bertutur bahkan cara menyikapi hidup-pun juga berubah.

Ada seorang teman, seorang pengajar yang sangat cerdas dan rasional.
Mampu mematahkan setiap argumentasi  lawan diskusinya ketika
berdebat. Pernah salahsatu mahasiswanya kesal sampai mengejar-
ngejarnya ditengah diskusi yang belum selesai. Setiap apapun yang
berbau metafisik ditolaknya. Dan banyak mahasiswa yang terkagum-
kagum padanya.

Pada suatu hari selesai mengajar, entah datangnya darimana ada motor
melaju dengan kencang dan menabraknya. Selama 40 hari dirinya tidak
sadarkan diri. Dalam kondisi koma. Ditengah kondisi koma itulah,
kawan saya bertutur bahwa dia melihat dua malaikat sedang
berbincang. "bagaimana yakin itu malaikat?" tanya saya. Katanya dia
mendengarkan percakapan dua orang itu. Satunya mengatakan bahwa
dirinya sudah saatnya meninggal dunia. Kata yang kedua, jangan
sekarang..beri dia kesempatan untuk bertobat.

Saya tak percaya dia menceritakan semuanya itu dengan serius. Saya
sempat berfikir bahwa dia bercanda. "Tidak, saya tidak bercanda".
Sanggahnya. "Setelah itu saya baru bangun tersadar dan saya
mendengarkan dua malaikat berbincang rasanya sebentar  itu selama 40
hari." Begitulah katanya

Sejak kecelakaan itu saya melihat banyak hal yang dalam dirinya
telah berubah. Saya sempat merenung sejenak peristiwa itu dan
bertanya, apakah setiap kesadaran hadir mesti melalui kecelakaan
terlebih dahulu ya?

Wassalam,
Agussyafii
http://agussyafii.blogspot.com