pekan lalu bentara budaya menggelar diskusi "prosa:
fakta atau fiksi?" dengan pembahas bambang sugiharto,
seno gumira ajidarma, dan budi darma.

cerpen di bawah ini tentu saja tak dibahas oleh
ketiganya. tapi jika rekan-rekan ada yang bersedia
membedah dari perspektif jurnalistik, atau
kaidah-kaidah sastrawi, atau apa pun namanya, silakan.

salam,

~a~

* * * *

Jawa Pos, Minggu 10 September 2006

Cerpen

ADA SESEORANG DI KEPALAKU YANG BUKAN AKU
Akmal Nasery Basral

     “NAK Nila? Ada apa denganmu, Nak?”
    Ibu Surti memeluk tubuhku dengan cemas. Tubuhnya
terlalu besar untuk sel sempit ini. Keringatnya sangit
seperti berkilo-kilo ikan busuk teronggok di los
pasar. Aku pusing menghirup bau ini. Tapi aku lebih
tak mampu lagi menahan sakit di kepala seperti dirajam
puluhan jarum. Selama 15-20 menit yang menggila aku
bertarung untuk tidak menyerah. Badanku bergetar hebat
seperti tebing siap longsor.
    “Nak Nila, ibu panggilkan penjaga ya? Kamu
membuat ibu ngeri.”
    Aku menggelengkan kepala dan bangkit dari kasur.
Aku remas kepala semakin kuat. Deraan ini tidak akan
lama, meski setelah semuanya berakhir kedua tanganku
pasti dipenuhi gumpalan rambut rontok. Aku benturkan
kepala ke tembok untuk meredakan rasa sakit. Mula-mula
hanya ayunan lembut. Buk! Lalu seperti pendulum yang
mendapat gaya lenting semakin besar, ayunan kepalaku
juga semakin bertenaga. Betapa nikmat.
    Ibu Surti mencoba menghalangi dengan tangan
gempalnya seperti lemur sapi tergantung di rumah
jagal. Aku ingin menyuruhnya menjauh, namun sulit
sekali membuka mulut. Aku hantamkan kepalaku ke
tubuhnya. Ia melolong kesakitan, dan spontan menarik
tubuhnya menjauhiku. Ini kali ketiga Ibu Surti
menyaksikanku menduelkan kepala dengan dingin tembok
semudah perempuan lain merebahkan kepala mereka di
dada kekasih.

lengkapnya:

http://www.sriti. com/storyview. php?key=2049

|charm is universal. when you don't speak the language,
a warm smile says it all|

[EMAIL PROTECTED]
http://www.imperia.blogs.friendster.com

<*> Your email settings: