Informasi mengenai kegiatan common room klik:
http://www.commonroom.info

Klab Desain: Presentasi Desain Grafis Dua Warna

Pertemuan Klab Desain: Presentasi Grafis Dua Warna  "Menyiasati Keterbatasan
Anggaran dan Memaksimalkan Kreativitas"
Presenter: R.E. Hartanto (Creative Departement Common Room Networks) dan Tarlen
H. (Communication Departement CRN)

Kamis, 14 September 2006 Pk. 18.30 - 20.00 Tempat Common Room Jl. Kyai Gede
Utama 8 Bandung  Tel. 022 2503404

***

Budget Design

Oleh: R.E. Hartanto (Creative Department Common Room Networks)

Tulisan ini dibuat untuk materi presentasi di acara Klab Desain, yang akan
kembali aktif di Common Room pada hari Kamis, 14 September 2006. Bagi yang
berminat untuk hadir, silakan datang ke Jl. Kyai Gede Utama 8, Bandung. Nanti
waktunya saya beri tahu. Sebagai tambahan, pameran sehari “Seni Bandung Masa
Kini 2006”, karena animo masyarakat yang tinggi dan untuk memberi kesempatan
pada mereka yang tidak sempat hadir pada hari Minggu, 10 September 2006,
diteruskan untuk dibuka. Jadi dengan hadir pada acara Klab Desain hari Kamis
nanti, Anda juga bisa melihat-lihat pameran “Seni Bandung Masa Kini 2006”.

Dirancang sebagai materi presentasi pertama setelah sekian lama Klab Desain
tidak aktif, Common Room memulai dengan sebuah presentasi tentang desain cetak
dua warna, yang selama ini menjadi karakteristik materi publikasi cetak yang
dibuat setiap bulan. Common Room mengembangkan desain cetak dua warna dengan
alasan ekonomis, supaya murah sehingga dana yang tersisa bisa digunakan untuk
mencetak lebih banyak karena kebutuhan publikasi Common Room tidak kecil.

Bersamaan dengan itu, saya pribadi, yang bekerja sebagai freelance graphic
designer di sebuah perusahaan penerbitan di Yogyakarta, membuat obyek-obyek
vektor dalam aplikasi rancangan sampul yang saya buat. Rancangan vektor yang
saya buat tepat untuk diaplikasikan dua warna. Bila saya berkesempatan untuk
merancang publikasi Common Room, biasanya saya menggunakan rancangan vektor
dalam aplikasi dua warna. Selain saya, Tarlen dan Bram, adalah
perancang-perancang grafis di Common Room. Tulisan ini akan memuat karya kami
semua.

Common Room tidak punya sponsor yang mendanai publikasinya, sehingga dana yang
ada harus dihemat. Kami nggak mampu setiap kali mencetak full-color dan desain
cetak dua warna betul-betul salah satu solusinya. Selain itu, kami juga
menggunakan kertas yang berharga lebih murah, membuat ukuran cetak berdasarkan
ukuran bahan kertas supaya efisien dan tidak menggunakan finishing apapun di
atas hasil cetakan. Publikasi yang dibuat oleh Common Room kebanyakan
benar-benar mementingkan informasi yang harus tersampaikan, masalah lain
diantisipasi dengan mengoptimalisasi desain terkait dengan metoda cetaknya.

Saya dan teman-teman percaya, biaya produksi yang murah bisa tetap menghasilkan
hasil cetakan yang, bukan hanya informasinya jelas dibaca dan mudah dimengerti,
namun juga enak dilihat. Ini masalah desain dan tata letak, pada prinsipnya,
rancangan grafis yang saya buat diusahakan supaya bisa menyusun
komponen-komponennya secara seimbang. Sudah, itu saja. Mengusahakan supaya
rancangan grafis bisa memasukkan semua informasi yang dibutuhkan dalam tempat
yang terbatas, sekaligus membuat perwajahan menjadi cantik, hanya dalam dua
komposisi warna dengan bahan yang cocok, adalah tantangannya. more

Se va la vida por el agujero, como la mugre por el lavadero
[life goes down the drain, like dirt in the sink]   Eduardo Galieno

www.vitarlenology.blogspot.com

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: