Apabila kemarin hari Rabu aku sempat melayat untuk memberikan ucapan selamat
jalanku kepada hero-ku si Steve Irwin seorang "si penjaga cagar alam", aku
sedianya juga melalui tulisan2postingan akan mengiringi kematian Tibo cs dengan
ucapan selamat jalan juga.
  Tapi hal ini sampai entah kapan ucapan selamat jalan ini baiknya kutunda dulu.

  Apa gerangannya aku mengurungkan niat ucapan selamat jalan buat Tibo cs?
Setelah mendengar dari pelbagai pihak dan men-check keadaan di lapangan dan
realita kehidupan dan kematian di tanah air aku kira ucapan selamat jalan bagi
Bung Tibo cs itu bakalan premature kelihatannya.

  Kenapa bisa premature? Dari teman2ku  ada beberapa yang bilang bahwa kematian
seseorang yang tidak wajar alias akibat suatu penjagalan itu nuansanya
berakibat roh halusnya masih gentayangan di dunia ini. Belum mau melakukan
perjalanan achirnya menuju ke rumah sang khalik-nya. Mereka para roh ini masih
menunggu jawaban atas ketidak adilan yang dialaminya didunia ini dan mereka
masih ngendon dengan sabarnya didunia ini.
   Jadi menurutku apabila aku berikan salut yang terachir kepada Bung Tibo cs,
itu berarti ucapan selamatku itu tidak akan diterima oleh Bung Tibo cs, jadi
ucapanku ini bakalan premature-lah.

  Kepada rekan2 se-milis , dari itu ucapan selamat jalan kepada korban2
penjagalan sepanjang era Orba sampai sekarang perlu kita sikapi sebagai suatu
ucapan selamat jalan yang premature. Roh2 halus mereka masih gentayangan di
alam dunia ini. Mereka masih menunggu keadilan, mereka masih menunggu karena
tanpa keadilan roh mereka  tidak sanggup menunaikan perjalanannya yang terachir
ke tujuan sang khalik.

  Kita kenang dan usahakan agar roh2 yang tidak terhitung banyaknya, roh2
korban  penjagalan tahun 65 ,roh2 Tanjung Periuk, roh2 Semangi, roh2 peristiwa
Mei 98, roh Marsinah , roh Munir ,roh Theo Euluis dan yang terachir roh2 halus
Bung Tibo cs. Jutaan roh halus masih menghuni dunia fana di Indonesia saat ini,
mereka menunggu keadilan.

  Kenalan2ku terutama mereka yang sudah ergolong senior bilang bahwa
kelihatannya Indonesia bakalan kuwalat. Musibah alam yang tidak henti2nya
mengunjungi Indonesia, disamping itu musibah buatan manusia sendiri, seperti
kemiskinan, ekonomi yang bobrok dan para penggede yang goblok bin rakus.
  Tapi perkara kuwalat aku tidak bisa menerima sikap ini, karena musibah alam
itu bisa diprediksikan. Aku kira bencana alam akan terus melanda Indonesia
karena belahan Asteng saat ini sedang mencari equilibriumnya. Perut bumi sedang
mencari "tempatnya" sendiri2 dari itu akan terus terjadi gempa. Belum musibah
yang datang dari "udara" karena menipisnya  ozone layer, El Nino dan sedia2
akan musim kemarau yang berat dan kebakaran hutan sebagai konsekwensinya.

  Kasihan aku "melihat" roh2 halus yang jutaan jumlahnya yang masih gentayangan
di bumi Indonesia. Kapan mereka mendapatkan kedamaian hatinya?

  Harry Adinegara

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: