Pernahkah terenungkan oleh akan Anda; apa yang akan Anda lakukan pada hari
terakhir hidup Anda? Sebab akan tiba saatnya bagi setiap orang yang hidup di
dunia ini; entah ia itu seorang gembel, konglomerat, bahkan raja sekalipun
juga, dimana akan dipanggil pulang oleh Sang Pencipta. Anda boleh menjerit
bahkan protest untuk menyatakan bahwa Anda belum siap, sebab siap ataupun
tidak siap Anda harus tetap berangkat!

Anda tidak akan bisa menawar lagi untuk memperpanjang masa hidup Anda,
boro-boro setahun, sepermili detik pun tidak akan diberikanNya lagi.

Jangankan mang Ucup manusia yang penuh dengan dosa, permohonan putera
kesayangan-Nya sekalipun tidak digubris, padahal Ia telah berdoa dengan
begitu khusuknya sampai mengeluarkan keringat dan darah!

Pada suatu saat akan tiba saatnya, dimana tidak akan ada matahari terbit
lagi, tidak akan ada hari esok, menit maupun detik lagi. Dan apapun yang
telah Anda kumpulkan dan simpan selama hidup Anda; entah itu harta maupun
kekuasaan tidak akan nilainya lagi, karena semuanya harus ditinggal, begitu
juga dengan Ijazah/Diploma/Penghargaan maupun Buku Tabungan/Saham Anda
inipun akan hilang nilainya.

Keberhasilan Anda, kesuksesan Anda, kesohoran Anda maupun kekuasaan yang
Anda miliki, semuanya akan menguap hilang dalam sekejap dan tidak akan ada
artinya lagi bagi diri Anda, karena Anda akan kembali menjadi Mr Nobody
alias debu!

Anda boleh memiliki sifat yang paling baik, maupun bakat yang paling jenius
ataupun kebalikannya dimana Anda adalah seorang pembunuh yang paling sadis
atau orang paling geblek disekitar Anda, inipun semuanya akan hilang di
reset jadi nol lagi.

Diary, target, date, jadwal rapat dsb-nya ini semuanya tidak akan Anda
butuhkan lagi, begitu juga dengan segala ambisi maupun perencanaan masa
depan Anda, inipun sdh tidak diperlukan lagi, karena tidak akan ada hari
esok ataupun nanti lagi, waktu Anda sdh berakhir alias The End - Tamat!

Begitu juga dengan Notebook, HP, perhitungan laba/rugi/omset penjualan
dsb-nya yang tadinya begitu penting di dalam kehidupan Anda akan menjadi
pudar dan hilang semuanya.

Entah ia itu kaya ataupun miskin, entah ia itu cantik ataupun buruk rupanya,
entah itu seorang jenius ataupun seorang bodoh, ini semuanya tidak akan
penting dan membawa pengaruh lagi, sebab panggilan pulang berlaku bagi
setiap orang tanpa perkecualian.

Ukuran hidup bagi setiap orang di dunia ini bukanlah jumlah berapa banyak
manusia yang mengenal Anda, melainkan berapa banyak orang yang akan merasa
sedih apabila ditinggal oleh Anda? Apakah akan ada yang bersedih hati
apabila mang Ucup meninggal? Belum tentu, sebab melalui oret-oretan maboknya
mang Ucup; sering sekali saya menyinggung maupun membuat geram para
pembacanya, hal inilah yang membuat saya merasa menyesal di akhir kehidupan
saya ini.

Dan juga bukannya berapa banyak sweet memories atau kenang-kenangan yang
indah yang anda miliki di dalam kehidupan ini, melainkan berapa banyak
kenangan manis dan indah yang akan di ingat oleh orang yang ditinggalkan
oleh Anda.

Disamping itu bukannya berapa lama kita akan di-ingat oleh mereka, tetapi
yang lebih penting lagi ialah hal apa saja yang akan di ingat oleh mereka
mengenai diri kita.

Mungkin pada saat Anda membaca artikel ini, Anda masih merasa sehat dan usia
Anda masih muda belia, sehingga tidak pernah tersirat dalam pikiran Anda,
bahkan mungkin juga tidak mau memikirkannya, bahwa saatnya akan tiba, tetapi
percayalah begitu banyak orang meninggal di dunia ini dengan secara tidak
terduga dan juga dalam usia yang tidak diduga.

Tiap orang selama ia masih hidup bisa membagikan dan memberikan kasih sayang
dengan tanpa ada batasnya, bagaimana banyaknya pun dan bagaimana besarnya
pun kasih sayang yang akan Anda bagikan atau berikan kepada siapapun juga
ini tidak akan berkurang maupun habis. Begitu juga dengan senyuman maupun
sapaan manis! Kita bisa memberikan kepada begitu banyak orang, tanpa akan
bisa melelahkan maupun merugikan diri Anda, tetapi kenapa kita begitu pelit
untuk memberikan maupun membagikannya?

Maka dari itu sebelumnya terlambat lihatlah orang-orang disekitar Anda,
berikanlah kasih sayang Anda kepada mereka yang membutuhkannya, berikanlah
senyuman dan sapaan manis sebanyak mungkin kepada orang-orang disekitar
kita.

Daripada kita mengejar sukses yang tidak ada nilainya, lebih baik merubah
hidup Anda agar bisa menjadi lebih bernilai.

Dendam akan berakhir pada saat kita dipanggil pulang, maka dari itu tidak
ada salahnya kita saling memaafkan sebelumnya terlambat dan terlebih penting
lagi, sudahkah Anda bertobat?

Permohonan saya yang terakhir: pls maafkan mang Ucup lahir dan batin atas
semua keselahan-kesalahan saya yang telah dibuat secara sengaja ataupun
tidak sengaja. Begitu juga untuk kesalahan yang akan datang, maklum takut
disumpahin.

Pernah tersirat di pikiran saya, mungkin di hari-hari terakhir ini sebaiknya
dari pagi sampai malam, saya minum arak terus-menerus sampai mabok setiap
hari, agar bisa melupakan segala kesedihan maupun kepedihan di hati ini,
tetapi dilain pihak: "Apakah Tuhan bisa dan mau menerima saya kedalam
pangkuannya apabila saya mati dalam keadaan mabok?"

Oleh sebab itu marilah kita bersulang dengan sang Malaikat Maut, glek, glek,
glek, heiii..iyah, yah, harumnya arak wangi ini.

Dan apabila pada suatu saat saya meninggal dunia, mohon agar Anda juga mau
minum segelas arak sambil bersulang untuk mengucapkan Farewell kepada mang
Ucup.

Farewell! God knows when we shall meet again. Some people come into our
lives and quickly go.  Some stay for a while, leave footprints on our
hearts, and we are never, ever the same.

Mang Ucup
Email: [EMAIL PROTECTED]
Homepage: www.mangucup.org

<*> Your email settings: