Dari berbagai milis yang saya ikuti keliatan banget kalo orang Indonesia doyan
sekali nge-gosip.  Paling seneng  kalo bahas aib dan keburukan orang lain. Dan
soal ini bakal dibahas berminggu-minggu lamanya. Sebagai pembaca pasif, saya
gerah dan bosen baca topik yang sama melulu.

Katanya sih dulu orang Indonesia tuh senang gotong royong. Kabarnya. Emang
terbukti sih. Gotong royong campurin urusan pribadi orang, gotong royong
nge-gosipin orang, bantu membantu nyebarin isu panas yang notabene cuma
ngabisin energi kita aja. Trus manfaat nyata dari ber comment ria yang
provokatif n negatif itu tuh apaan sih bagi diri sendiri  terutama orang
banyak? Syukur-syukur bisa bersikap dewasa baca info yang nga manfaat.

Ini cuma pendapat saya pribadi yah yang saya simpulkan dari topik-topik yang
selama ini saya liat.