Jumat, 08 Desember 2006  22:39:00
Buang Hatta Pelopor Perjuangan HAM

Jakarta-RoL--Praktisi hukum senior Adnan Buyung Nasution mengatakan
tokoh nasional Mohd Hatta atau yang akrab disapa Bung Hatta
merupakan pelopor dan perintis perjuangan Hak Asasi Manusia (HAM) di
Indonesia.

Menurut Buyung, di Jakarta Jumat, dengan tidak mengurangi kesahihan
dari semua predikat atau gelar Bung Hatta, masih ada jasa lain Bung
Hatta yang perlu dikenang dan diberi penghormatan.

"Dari studi saya, saya telah memperoleh fakta fakta bahwa Bung Hatta
pulalah pelopor dan perintis perjuangan HAM di Indonesia," kata
Buyung pada Seminar HAM di Jakarta, Jumat.

Hal itu (pengormatan) itu penting dikemukakan dan diakui demi
kebenaran sejarah.

Menurut Buyung, ada 10 alasan untuk menetapkan dan menahbiskan Bung
Hatta sebagai pelopor dan perintis perjuangan HAM di Indonesia.

Ke 10 alasan itu antara lain adalah bahwa dilihat dari sejarah
perjuangan menegakkan negara dan pemerintahan Indonesia Bung Hatta
merupakan salah seorang peletak dasar utama negara demokrasi
konstitusional baik dalam tataran nilai maupun praktek
pelembagaannya.

"Hukum, demokrasi dan HAM adalah elemen dasar dari suatu negara
demokrasi konstitusional," ujar Buyung. antara/pur

Kirim email ke