bismi-lLah wa-lhamdu li-lLah wa-shshalatu wa-ssalamu 'ala rasuli-lLah
wa 'ala alihi wa ashhabihi wa ma-wwalah, amma ba'd, assalamu 'alaikum
wa rahmatu-lLahi wa barakatuH.

marvi, waktu saya dan istri saya mengunjungi rumahnya untuk menemui
keponakan saya yang telah bersedia meminjamkan dia punya leptop kepada
istri saya ditakdirkan tinggal bersamanya, memeperlihatkan foto mesjid
yang mueeeeeegaaaaaah sekali. wuaaaaach dech! orag2 yang shalatpun
ceritanya musti pake baju taqwa, -- saya pikir ada juga baju taqwa?
padahal kita manusianya yang harus taqwa, kita koq yang dimintakan
Allah tuk bertaqwa khan? baju mah asal nutup orat dan bersih dari najis
azza khan? --, kalo baju biasa azza mah, mauluuuu atuuuuch. itu satu.

lalu, tadi pagi, bukaaaaan..... fajar! shalat di mesjid hanya beberapa
orang saja, satu shafpun tak penuh lhoh. kemarin, iesya masih
"lumayan", kerna hari ni khan ahad, pada libur jadi bisaaaaaa ke
mesjid. agak rame juga pengunjung mesjid ini.

kemudian saya denger di indonesia, ato emang hanya di indonesia??
orang2 berlomba2 bangun mesjid2 meeeewah dan germerlang. disampin lain,
sekolah diterbelankaikan. malah musti bayar pula!

kalo saya baca2 di sirah nabi muhammad SAW, saya faham dari sana, di
mesjid rasulu-lLah SAW itu, bahwa kadang rasulu-lLah SAW berlumuran
lumpur wajahnya kerna hujan! atau setidaknya penuh debu muka
rasulu-lLah SAW, itu makanya, kita tak perlu mengusap muka selesai
shalat kerna shalat kita di karpet khan? muka kita bersiiiiih.
malah pernah melemparkan sepatunya sementara shalat kerna ada najis di
sepatunya yang dibisikkan malaikat jibril AS. jadi tuuuch kan, tak ada
karpet!! tanah biasa azza.
hatta... orang baduipun pernah kencing, ya kencing.... disudut mesjid
rasulu-lLah SAW yang kemudian oleh shahabat disram air.

JAUUUUUUH dari megah! apalgi mewah, tapi............selalu penuh dengan
manusia yang beribadah ritual dan IBADAH lainnya yang berupa BELAJAR!
mesjid sebagai pusat kegiatan dan berkarya muslim, yang menghasilakn
tokoh2 seperti para shahabat yang telah kita pada kenal, atau yang tak
begitu terknal misalnya zainab RA istrinya rasulu-lLah SAW
ummu-lmuminin, yang mendapatkan gelar ibunya para fakir dan miskin
disamping julukannya si ibu para kaum muminin yang panjang tangan! --
dalam basa arab maxud dan arti panjang tangan adalah pemurah! bukan
pencuri kaya di indo--, kerna mesjid dipake sebagai tempat pusat
sosial! hasil keringat dan karyanya hanya untuk para penghuni mesjid
yang kelaparan dan kekurangan.
disitu misalnya tinggalnya yang telah menyampaikan beribu2 ahadits
kepada kita saat ini, yang bernama abu huarairah.

sekarang mesjid hanya untuk di"kunjungin" azza, kebanyakan!
meskipuuuuun tak semua juga sech!
tapi lihatlah masjid yang gimana khan? yang mewah2 mach kadang2 malah
sering terkuncinya daripada penuh dengan kegiatan anak2, pemuda2
apalagi muslimah. tapi.... itulah tak semua jugalach. juangaaaan sampe
kotor, ribuuut, semrawut.

sekarang kita lihat sekolah!
satu kelas ampat puluh anak, gimana mo belajar dengan bener??? alhamdu
li-lLah anakku fatima dikelasnya cuman dua dan duapuluh anak2 gurunya
DUA lhoh!
malah katanya, saya denger nech, yang maju yang bisa bayar les-lach,
yang mampu menyekolahkan ke sekolah "terbaik-lah" yang bayarannya
guedeee tech.

padahal, bagaimana rasulu-lLah SAW menguatamakan pelajaran, belajar!
ayat pertama azza yang diturunkan khan "baca!"
ya lihat azza, bahkan "mengajar" sebagai penebusan perang! PERANG lhoh!
nyawa orang! bisa membebaskan dirinya bagi yang tak mampu tapi bisa
MENGAJAR muslim menulis dan membaca! tapi... itu duluuuuu, jaman kuno
sekarang jaman modern mach bangun mesjid lebih keren toch?
bagaimana seorang anak menjunjung orang tuanya di surga nanti hanya
karena anaknya "mengajarkan" ilmu2 yang bermanfaat kepada orang!
mislanya pernah terbaca bagaimana seorang ibu, bertanya kepada Allah,
ya ALlah kenapa dengan mahkota yang kupake ini? saya tak pernah beramal
yang sesungguhnya tak mengharapkan hal ini? Allah menjawab, anakmu
telah mengajar!

berlomba2lach mendirikan sekolah, memberikan bea siswa, kita tak perlu
mesjid yang megah2 yang hanya diisi penuh dua tahun sekali azza yaitu
di iedul-fitr dan adlha, atau tuk jumatan mach sediakan azza tenda!
sekedar yang shalat iesya dan fajar cukup gubuk pun khan?

ya, sebuah gubuk lalu lapangan yang luaaaaas tuk tenda azza manakala
kita banyak penghunjung di tenda lach shalat! hatta di hari jumat.

tuk aaaapa khan bayar2 energi tuuuch, yang baca cuman bbrp orang azza
khan?

wa bi-lLahi-ttaufiq wa-lhidayah, subhanaka-lLahumma wa bihamdiKa
asyhadu alla Ilaha illa Anta, astaghfiruKa wa atubu ilaiK.
wassalamu 'alaikum

"Fa maadza ba'da-lhaqq, illa-dl_dlalaal"

Leo Imanov
Abdu-lLah
AllahsSlave
phone: +49 241 1 89 93 69
mobile: +49 1 76 63 01 56 79

Copy addresses and emails from any email account to Yahoo! Mail - quick, easy
and free. http://uk.docs.yahoo.com/trueswitch2.html

Kirim email ke