Galigi (kumpulan cerita pendek)
Fiksi kumcer, Penulis: Gunawan Maryanto, Tebal : 164 halaman, Ukuran
120 x 190 mm, ISBN : 979-99545-5-X, Rp 30.000,-
Penerbit Koekoesan, Februari, 2007.

Saya memiliki sepasang mata yang menakutkan. Ki sanak bisa melihatnya
sendiri tanpa saya harus berpanjang lebar menceritakan betapa
mengerikannya mata saya. Seluruh orang yang telah bertatapan (sengaja
maupun tidak) dengan saya, tak terkecuali ibu saya yang di kemudian
hari saya tahu bukan ibu saya yang sebenarnya, mengatakan bahwa di
dalam sepasang mata saya tersimpan gambar kematian mereka. Kematian
dalam wujudnya yang paling menakutkan. Sepasang mata saya adalah
mimpi paling buruk yang tak mau mereka ulangi sekali lagi. Setelah
bertatapan dengan mata saya untuk pertama kalinya, mereka akn
menghindar sejauh-jauhnya sambil mengajak orang-orang yang bahkan
belum pernah bertemu dengan saya. Hanya ibu saya satu-satunya orang
yang tetap bertahan di dekat saya, yang atidak takut pada kematian.

"Ada tiga ciri cerpen Gunawan Maryanto: cerpen identik dengan puisi,
cerpen adalah alusi, dan cerpen adalah dunia asing. Karena cerpen
identik dengan puisi, maka cerpen Gunawan Maryanto bertitik-berat
pada retorika, bukan pada dua komponen utama dalam cerpen-cerpen
tradisional, yaitu penokohan dan alur. Cerpen adalah alusi, dan
karena itu, sebagian cerpen Gunawan Maryanto berdasarkan pada teks
yang sudah ada sebelumnya, seperti novel, puisi, dan penelitian.
Bahkan, sebetulnya, cerpen-cerpen Gunawan Maryanto yang tidak secara
langsung merupakan alusi pun, tidask lepas dari teks-teks yang sudah
ada sebelumnya. Retorika cenderung untuk tidak menyentuh realitas
yang sebenarnya, sementara alusi adalah teks yang secara tidak
langsung diangkat ke dalam teks lain, dan karena itu jangan heran,
manakala cerpen-cerpen Gunawan Maryanto menawarkan dunia yang asing."
(Budi Darma, Novelis dan Kritikus Sastra)

Dapatkan di Toko Buku terdekat.

Pemesanan:
Direct Marketing Penerbit Koekoesan
Jl. K.H. Ahmad Dahlan V No.10
Kukusan, Depok 16425 Indonesia
Ph: (62-21) 78893410
Fax: (62-21) 78893410
Email: [EMAIL PROTECTED]

Informasi hubungi : 0816-856253 (Sjaiful Masri)
Informasi selengkapnya: www.penerbitkoekoesan. com