Pernyataan itulah yang sering kita dengar. Dan ini memang satu
kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, karena satu kebohongan besar
apabila seseorang yang telah disakiti entah sekecil apapun juga;
bisa melupakan kejadian tersebut. Hanya bedanya tidak melupakan
bukannya berarti harus di ingat terus menerus.

Apakah anda tahu, bahwa pada umumnya kita akan lebih mudah untuk
dapat memaafkan seorang musuh, daripada memaafkan orang yang kita
kasihi.

Pada saat kita belum mampu memaafkan otomatis kejadian-kejadian yang
menyakitkan tersebut akan selalu menghantui kita siang dan malam.
Tetapi setelah kita bisa memaafkan tidurpun bisa tenang dan tidak
akan terganggu lagi oleh mimpi2 buruk. Memaafkan bukannya berarti
harus melupakan kejadian tersebut ataupun mengakui bahwa apa yang
mereka lakukan itu benar ! Tidak sama sekali, yang salah tetap salah
dan tidak bisa dibenarkan, hanya bedanya pada saat kita; memaafkan
berarti kita tidak mau mengingatnya lagi.

Enak aja, Gw yang disakiti selama bertahun-tahun, apakah harus
dimaafkan secara begitu saja, seperti juga pepatah panas setahun
dihapus oleh hujan sehari ! Disinilah letak kesalahan pemikiran
anda !

Keuntungan utama dari memaafkan, bukannya untuk orang yang bersalah
kepada kita melainkan untuk diri kita sendiri. Melalui memaafkan
kita dapat melepaskan seluruh beban sakit hati kita; maupun stress
yang membebani dan menyiksa diri kita selama ber-bulan2, bahkan ber-
tahun2.

Dengan memaafkan hati dan pikiran kita bisa jadi langsung plong
lepas dari segala beban sakit hati ini ! Tanya saja sama diri
sendiri, apakah anda senang dengan adanya siksaan yang anda rasakan
sampai dengan sekarang ini ? Tiap kali teringat akan kejadian
tersebut sama seperti juga luka yang digarami dan diberikan cuka
terus-menerus, sehingga dengan mana, luka batinnya akan terasa nyeri
terus dan sampai kapanpun juga tidak akan bisa sembuh ! Obat mujarab
dari luka batin yang benar2 cespleng hanya ada satu saja ialah:
Memaafkan!

Prinsip hidup yang saya pegang ialah: saya tidak akan bisa merubah
orang lain, tetapi saya bisa merubah diri saya sendiri. Saya tidak
akan bisa merubah perasaan dari orang pernah menyakiti hati saya,
tetapi saya bisa merubah perasaan saya sendiri, dengan memaafkan,
sebab memaafkan itu adalah pilihan.

"Forgiveness Is a Choice"; memaafkan itu adalah pilihan yg hanya
bisa ditentukan oleh Anda sendiri. Bagi mereka yg tidak bisa dan
tidak mau memaafkan, maka mereka akan tersiksa, karena pikiran dan
batinnya akan selalu kotor, disamping itu hubungan dgn yg bersalah
pun akan selalu tetap buruk sehingga luka batinnya hingga kapan pun
juga tidak akan mungkin bisa dipulihkan lagi.

Lucu tapi nyata, kita bersedia mengorbankan segala-galanya mulai
dari waktu hingga uang untuk bisa sembuh, tetapi sakit batin kita;
tetap kita pelihara. Disamping itu untuk bisa sembuh tidak perlu
bayar entah berupa uang maupun waktu.

Orang yang dapat memaafkan kesalahan seseorang adalah orang yang
baik, sedangkan yang dapat memaafkan dan melupakan kesalahan
seseoran adalah orang yang bijak, tetapi orang yang dapat memaafkan
dan melupakan kesalahan seseorang „sebelumnya" orang tsb minta maaf
adalah orang yang memiliki sifat illahi.

Mang Ucup – The Drunken Priest
Email: [EMAIL PROTECTED]
Homepage: www.mangucup.net

Kirim email ke