Bantahan JIL, Abd. Moqsith Ghazai: Generalisasi Yang buruk (Jawa Pos kolom
Kajian)
tanggal : 06/10/2007

al-islahonline.com : Relasi Islam dan Yahudi selalu digambarkan buruk. Dalam
persepsi populer umat Islam, orang Yahudi dikenal sebagai sekelompok orang yang
culas, keras, bahkan jahat. Pandangan itu didasarkan pada fakta sejarah.
Misalnya tatkala orang-orang Yahudi Madinah melanggar traktat politik yang
disepakati bersama, yaitu Piagam Madinah.

Bung Moqsith, memang pada awalnya di Madinah orang-orang Yahudi sangat gemar
memusuhi umat Islam, mereka melakukansegala konspirasi untuk mengahncurkan
Islam, sebagai contoh konkrit adalah peristiwa-peristiwa sekitar Piagam Madinah
yang mana mereka gencar memusuhi Islam, hal ini juga disampaikan oleh Quran.

Tak terelakkan, konflik orang Islam dengan Yahudi pada akhirnya meletus.
Kelompok Yahudi Banil Mushthaliq pun pernah berencana membunuh Nabi di bawah
komando al-Harits bin Abi Dlirar.

NahÂ…anda sudah memberi contoh yang sangat konkrit begitu jahatnya konspirasi
Yahudi pada waktu itu, dan saat ini pula mereka sedang menyusun rencana
konspirasi mendunia yang dikenal dengan gerkan Zionisme. Sekarang jika kita
diserang, apakah kita akantinggal diam saja? Tentu tidak bukan.

Pertama, ketika berusia dua belas tahun, di tahun 582 M, Muhammad kecil
menyertai pamannya (Abu Thalib) dalam kafilah dagang menuju Syam. Sesampai di
Boshra, mereka bertemu dengan Buhaira (disebut juga Jirjis atau Sirjin),
seorang pendeta Yahudi

Disinilah saya mulai faham bahwa anda sepertinya tidak menguasai sejarah akan
hal ini. Pendeta Bahira, atau yang biasa disebut dengan Sergius (oleh Al Kindi)
itu bukanlah beragama Yahudi, sekali lagi, Sergius atau Bahira bukanlah
beragama Yahudi, dia memang orang non Islam yang beragama Kristen Nestorian,
mau bukti:

In the Christian polemics against Islam, Bahira became a heretical monk, whose
errant views inspired the Qur'an. The names and religious affiliations of the
monk vary in different Christian sources. For Al-Kindi, who calls him Sergius
and writes that he later called himself Nestorius, Bahira was a Nestorian
(Wikipedia)

Selain itu Taufik Adnan Amal di dalam bukunya "Rekonstruksi Sejarah Al Quran
juga mengatakan bahwa para rahib dan pendeta Kristen di Arabia umumnya beragama
Kristen Nestorian. Bahira juga biasa di panggil Jacobit atau Arian, hal ini
juga seperti sebelumnya di Wikipedia:

Sometimes Bahira is called a Jacobite or an Arian

Bahira melihat tanda kedatangan Muhammad berdasarkan pengetahuan yang dia
ketahui.

Ketika kepergian kedua Muhammad ke Syam bersama Maysarah untuk menjalankan
bisnis Khadijah (sebelum menjadi istrinya), Nestor (pendeta Yahudi) memberikan
kesaksian tentang kenabian Muhammad. Nestor berkata, dia seorang nabi. Ini
berarti pengakuan terhadap kenabian Muhammad justru pertama diberikan oleh
orang Yahudi, Buhaira dan Nestor.

Mas Abd. Moqsith Ghazali saya tidak tahu anda mengambil referensi dari mana,
ketika perjalanan kedua Muhammad bertemu dengan pendeta Nestor, sekali lagi
yang namanya Bahira itu bukanlah pendeta Yahudi, melainkan seorang pendeta
Kristen dari sekte Nestorian. Saya tunggu referensi dari anda yang mengatakan
bahwa pendeta Nesorian Bahira itu beragama Yahudi, jika saya sudah meninggal
saya akan berwasiat pada anak-cucu saya untuk menagih referensi yang mengatakan
bahwa Pendeta Bahira merupakan pendeta yang beragama Yahudi.

Sebagaimana dalam kelompok lain terhdapat orang jahat dan orang baik, begitu
pula halnya dengan orang Yahudi. Mereka tidak seburuk yang kita bayangkan.

Mas Abd. Moqsith Ghazali, sekarang faktanya bukan hanya Quran saja yang
mengatakan bahwa Yahudi itu jahat serta degil, kitab Perjanjian Lama maupun
Perjanjian Baru di dalam Alkitab, juga mengatakan hal yang demikian, sekarang
apakah Quran itu berbohong perihal orang Yahudi?. Semoga nada mendapat hidayah
serta petunjuk dari Tuhan agar anda tidak khilaf dalam menulis artikel. (Aris
Hardinanto)