1. Harus dibedakan antara orang Yahudi yang Zionis dan Yahudi non-Zionis.
Yahudi tidaklah identik sama dengan Zionis. Orang Arab/Palestina bisa hidup
berdampingan secara damai dengan orang Yahudi non-Zionis. Tidak masalah. Bahkan
banyak sekali orang Yahudi yang justru kritis terhadap Zionis, seperti ilmuwan
Noam Chomsky.

Tetapi Yahudi Zionis adalah mereka yang siap mengorbankan hak-hak rakyat
Arab/Palestina untuk kepentingan agenda politik Zionis. Masuk akal, kalau
berurusan dengan Yahudi yang Zionis jadi sulit.

2. Memangnya siapa yang memicu peperangan? Menurut Resolusi PBB, Jerusalem
Timur, Jalur Gaza, Tepi Barat Sungai Yordan adalah hak Palestina. Kenapa Israel
malah menjadikan Jerusalem sebagai ibukotanya yang tak bisa dibagi, padahal
dulu ibukota Israel adalah Tel Aviv? Kenapa tidak dipatuhi saja resolusi PBB
itu, yaitu mengembalikan hak-hak rakyat Palestina?

3. Demokrasi itu penting, tetapi tidak identik dengan keunggulan. Cina maju
ekonominya, teknologinya, dan diramalkan akan menjadi super power baru
mengalahkan Amerika, bukan karena demokrasinya. Israel menang perang dan unggul
karena didukung super power Amerika dengan senjata, informasi intelijen, dan
tentu saja uang.

Satrio Arismunandar
Producer - News Division, Trans TV, Floor 3
Jl. Kapten P. Tendean Kav. 12 - 14 A, Jakarta 12790
Phone: 7917-7000, 7918-4544 ext. 4026,  Fax: 79184558, 79184627

http://satrioarismunandar6.blogspot.com
http://satrioarismunandar.multiply.com

"If you know how to die, you know how to live..."