Metode Pemutarbalikan Logika dalam Diskusi,

cocok nih....

************ ********* ********* ********* ********* ********* ***
Metode Pemutarbalikan Logika dalam Diskusi
oleh : Daniel

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya dalam berdiskusi dengan berbagai
macam orang, maka saya
dapat mengetahui adanya taktik-taktik kotor dengan metode pemutarbalikan logika
yang sangat
mendasar.
Sasaran mereka adalah jelas, yaitu orang-orang yang gullible ( mudah dipengaruhi
).
Ciri khasnya adalah mempunyai daya kritis lemah dan/atau mudah ditakut-takuti.

Metode Pembodohan Logika dalam Diskusi

1. Ad Hominem :
Menyerang orangnya bukan menjawab isinya.
Ketika seorang arguer tidak dapat mempertahankan posisinya dengan evidence /
fakta / reason, maka
mereka mulai mengkritik sisi kepribadian lawannya.

2. Appeal to Ignorance ( Argumentum ex silentio ) :
Menganggap suatu ketidaktahuan sebagai fakta atas sesuatu.
Misalnya : Kita tidak memiliki bukti bahwa tidak ada kecurangan, maka dianggap
ada kecurangan.
Padahal, ketiada-tahuan akan sesuatu hal tidak menyatakan bahwa sesuatu itu ada
ataupun tidak ada.

3. Appeal to Belief :
Bila anda tidak memiliki kepercayaan, maka anda tidak akan mengerti.
Bila seorang pendebat berdasarkan pada kepercayaan sebagai dasar dari
argumennya, maka tiada lagi
yang dapat dibicarakan dalam diskusi.
Itu namanya bukan diskusi, tapi pemaksaan kepercayaan.

4. Argument from Authority ( Argumentum ad verecundiam ) :
Menggunakan kata-kata "para ahli" atau membawa-bawa otoritas sebagai dasar dari
argumen instead of
menggunakan logic dan fakta untuk men-support argumen itu.
Misalnya :
Profesor Anu mengatakan bahwa creation-science adalah betul.
Sesuatu tidak lantas menjadi benar hanya karena suatu otoritas mengatakan
sesuatu hal.
Bila pendebat memberikan testimoni dari seorang ahli, lihat apakah dilengkapi
dengan alasan yang
logis dan masuk akal, serta hati-hati terhadap keotentikan sumber dan evidence
di belakangnya.

5. Argument from Adverse Consequences :
Hanya karena suatu peristiwa terjadi, tidak menyatakan sesuatu mengenai
eksitensi maupun
non-eksistensi dari sesuatu.
Atau pun tidak menyatakan suatu keharusan untuk mempercayai sesuatu.

6. Menakut-nakuti ( Argumentum ad Baculum ) :
Argumen yang didasarkan pada tekanan atau rasa takut
Misalnya :
Saya telah diberi kuasa oleh Negara, bila Anda tidak percaya kepada saya, maka
Anda akan masuk
Daftar Orang Tercela.

7. Argumentum ad Ignorantiam :
Argumen yang mempelesetkan ketidaktahuan seseorang.
Misalnya :
Pernyataan bahwa saya pasti betul karena tidak ada yang pernah membuktikan
salah.

8. Argumentum ad populum :
Argumen yang digunakan untuk mendapatkan popularitas dengan menggunakan
issue-issue yang
sentimental daripada menggunakan fakta atau alasan.

9. Bandwagon Fallacy :
Menyimpulkan suatu idea adalah benar hanya karena banyak orang mempercayainya
demikian.
Hanya karena sekian banyak orang mempercayai sesuatu tidaklah membuktikan atau
menyatakan fakta
mengenai sesuatu.

10. Circular Reasoning :
Benda X itu ada karena Buku Y mengatakan demikian.
Buku Y itu katanya diinspirasikan oleh Benda X.

11. Confusion of Correlation and Causation :
Misalnya :
Anak yang menonton acara kekerasan di TV cenderung untuk menjadi ganas ketika ia
dewasa.
Tetapi pertanyaannya, apakah program di TV itu yang menyebabkan kekerasan,
ataukah anak-anak yang
berbakat ganas cenderung menonton acara kekerasan di TV ???

12. Half Truths :
Suatu pernyataan yang biasanya ditujukan untuk menipu seseorang dengan
menyembunyikan sebagian
fakta / kebenaran.

13. Communal Reinforcement :
Suatu proses dimana suatu klaim menjadi suatu kepercayaan kuat melalui suatu
pernyataan yang
diulang-ulang oleh suatu anggota komunitas.
Proses ini independent terhadap kebenaran klaim tersebut dan tidak didukung oleh
data empiris yang
signifikan untuk menggaransi bahwa kepercayaan itu didukung oleh alasan yang
reasonable.

14. Non-Sequitur :
Nggak nyambung.
Suatu kesimpulan yang diambil tidak didasarkan pada suatu premis ataupun
evidence / fakta.

15. Post Hoc, Ergo Propter Hoc :
Itu terjadi sebelumnya, maka itu disebabkan olehnya.
Semacam non-sequitur, tetapi berdasarkan waktu.
Misalnya :
Seseorang menjadi sakit setelah pergi ke Mall, maka Mall adalah sumber penyakit.
Padahal sakitnya tidak disebabkan oleh sesuatu yang ada hubungannya dengan
kepergiannya ke Mall.

16. Red Herring :
Sering terjadi … sang pendebat buru-buru mengalihkan perhatian / subyek
pembicaraan.

17. Statistic of Small Number :
Satu kasus digunakan untuk menjudge keseluruhan.
Hanya karena suatu kejadian, tidak dapat mewakili kemungkinan keseluruhannya.

18. Straw Man :
Manusia jerami
Membuat suatu skenario yang salah image yang menyesatkan, kemudian menyerangnya.

19. Dua Salah Menjadi Benar
Misalnya :
Siapakah kamu yang mengatakan saya demikian apabila kamu juga begitu.
Saya mencoba men-justify apa yang saya lakukan dengan melemparkan kesalahan yang
sama pada Anda
sebagai teman diskusi saya.

20. Observational Selection
Menggembar-gemborkan kejadian yang menguntungkan dan menutupi kejadian yang
merugikan.

--- In ppiindia@yahoogroups.com, sFe <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> makin pikun saja bapak ini, eramuslimpun dapet berita dari sumber yang jelas,
> apa
bapak terlalu rabun untuk menyimak sumber2 era muslim yang ditulis dalam
postingan
artikel tersebut?

>   jangan maksain diri deh memberi komentar kalau ternyata lahceng, dah salah
kenceng.

>   apa orang Islam tidak berhak menyuarakan kebenaran? kalau mau protes ya
> silakan
protes sumber beritanya, kalaupun eramuslim memberitakan sesuatu yang tidak
valid,
tentu sudah lama situs tersebut dibanned. sudah jelas2 eramuslim menulis
sumbernya,
masih saja repot2 memberi komentar.

>   seharusnya orang sekapasitas anda, dapat berlaku adil melihat masalah dari
> dua sisi,
publik berhak mengetahui sisi lain dari kehidupan benazir, itulah gunanya ada
berita.

>   apa bedanya anda dengan kelompok anda? yang selalu sinis dan apriori dengan
> apa
yang eramuslim beritakan? anda menunjuk orang lain dengan satu jari, tapi jari2
lain
mengarah kepada anda dan kelompok anda yang tidak suka kalau kebenaran dari
sisi lain
diungkapkan.

>   seperti hak untuk memberitakan sesuatu yang positive kepada publik, maka
> sesuatu
yang negative berhak juga diberitakan, agar publik tidak mudah terpedaya dan
tertipu
oleh kahrisma semu seseorang.

>   kalau anda bersimpati, silakan, tapi jangan mengahalangi hak saya untuk
> tidak
bersimpati, saya dapat mengetahui, dapat melihat dan dapat membaca situasi,
jangan
mencoba untuk mengarahkan pikiran publik atau saya kepada jalan pikiran anda
dan
kelompok anda!

>   jangan merasa anda saja yang berhak memberitakan sesuatu, dan merasa
> golongan
anda saja yang benar dalam setiap pemberitaan.

>   kalau mau dikatakan dewasa dan cerdas, berusahalah untuk fair menilai
> sesuatu. kalau
anda ingin menulis tentang benazir dari sisi yang sesuai dengan pikiran anda,
silakan.

>   jangan halangi orang lain menulis dari sisi yang diketahui dan diyakininya.
>
>   gitu aja terlalu repot mengurusi saya sih, apa sudah tidak ada hal lain
> yang mampu
anda dan kelompok anda urusi?

> mediacare <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           Walau bernama eramuslim, namun situs berita bernuansa Islami yang
> menjadi
andalan Salma Fe dan komplotannya tersebut justru merusak citra Islam. Salma
dan
komplotannya selama ini tidak sadar tentang hal itu. Itulah yang menjadikan
Salma
mengidap kebencian yang akut kepada orang lain, penuh curiga, dan dalam hatinya
tak
pernah ada rasa damai.

> Dulu di sebuah milis pernah ada Magdalena yang rajin memposting berita-berita
> dari
eramuslim, hidayatullah dan sabili. Mirip seperti Salma. Ternyata dia bertugas
sebagai
penerjemah di situs eramuslim.

Des 07 06:34 WIB
> Kirim teman
>
> Harian Israel Today, Sabtu (29/12), mengungkapkan bahwa pemimpin oposisi
> Pakistan
Benazir Bhutto sebelum terbunuh sebenarnya tengah mengadakan kontak dengan
Mossad,
guna meminta agar Dinas Rahasia Israel tersebut membantu pengamanan dirinya
setelah
Presiden Pervez Musharraf menolak meningkatkan sistem keamanan terhadap Bhutto
sesaat setelah percobaan pembunuhan pertama yang gagal, beberapa hari sebelum
Bhutto
benar-benar terbunuh.

> Agar permintaannya dikabulkan, Benazir Bhutto menjanjikan akan membuka
> hubungan
diplomatik secara penuh antara Pakistan dengan Israel jika dirinya berhasil
memenangkan
pemilu dan kembali terpilih sebagai pemimpin Pakistan.

> Perdana Menteri Israel Ehud Olmert sebagaimana dikutip oleh The Jerusalem
> Post
berkali-kali menyatakan kesedihannya yang mendalam atas tewasnya sekutu
terdekat
Amerika Serikat tersebut. Olmert sangat menyayangkan tewasnya Bhutto karena
tokoh
oposisi Pakistan yang oleh harian Dailymail Inggris dijuluki sebagai "Oxford
Party Girl"
disebutkan sebagai orang yang akan mendekatkan Pakistan dengan Israel.

> Harian berbahasa Ibrani, Ma'ariv, juga menyebutkan bahwa selain kepada
> Mossad,
Bhutto juga meminta hal yang sama kepada CIA dan Scotland Yard, agar mereka
bisa
sama-sama melindungi dirinya menghadapi Pemilu Pakistan yang direncanakan
dilakukan
pada 8 Januari 2008. "Musharraf telah menolak permintaan saya agar meningkatkan
keamanan atas diri saya.

> Dia memang berkeinginan agar saya menjadi target pembunuhan, " ujar Bhutto
> yang
memang memiliki banyak musuh di Pakistan karena sikapnya yang sangat pro Gedung
Putih.(Rizki/Rense)