--- In "mangucup88" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Harrison Ford sang pemeran Indiana Jones, dalam usia 65 tahun masih
> tetap mau berperan dalam film laga. Dari segi kekayaan, maupun
> gantengnya mang Ucup kalah jauh dari Harrison Ford, tetapi dalam
> satu hal saya tidak mau berada dibawah dia, ialah dari segi
> kebugaran tubuh. Hal inilah yang mendorong mang Ucup untuk tetap
> aktif fitness, lari, angkat halter maupun push up setiap hari,
> walaupun usia saya sekarang telah mencapai 66 tahun.

        Ngomong-ngmong, di samping kebugaran jasmani
        (physical fitness), sekarang juga lagi menjamur
        kegiatan yang disebut sebagai kebugaran otak
        (brain fitness), misalnya banyak software & buku
        di jual yang menyediakan program latihan/permainan
        yang menurut si penjual bisa menjaga/menaik-kan
        kinerja otak (misalnya kemampuan mengingat, kemampuan
        konsentrasi, kecepatan berfikir dll )

         <http://www.positscience.com/products/>

        pertanyaan:
        ----------

        jadi nampaknya ada 3 jenis kebugaran

         ==> kebugaran jasmani/physical fitness

             salah satu gejala badan yang tidak
             bugar, misalnya kegemukan (physical obesity)

         ==> kebugaran bestari/intellectual fitness

             gejala otak yang tidak bugar:

             intellectual obesity?

         ==> kebugaran jiwa/spiritual fitness

             gejala jiwa yang tidak bugar:

             spiritual obesity?   ... :-P

> Eyang buyut kita sang manusia purba Neanderthal, mereka berjalan
> atau terkadang berlari setiap harinya lebih dari 40 km. Beda dengan
> kita boro-boro lari sejauh itu, lari empat km pun jarang bisa dan
> mau dilakukan. Padahal sudah terbuktikan bahwa Gen Tubuh manusia itu
> menuntut agar kita lebih sering aktiv bergerak, dimana kita malas,
> maka kita akan lebih mudah terserang penyakit.

        buat mang Ucup,

        setahu saya Neanderthal bukan eyang buyut kita
        mungkin lebih tepat disebut eyang-nak-ndulur-buyut ... :-P

> Sebagai contoh mang Ucup berat badannya 80 kg dan
> tingginya 1,72 m jadi rumusan BMI nya adalah:
> 80 / (1,72 x 1,72) = 27  itu adalah angka BMI nya
> Mang Ucup
>
> Normal : BMI (Body Mass Index) 20-25
> Gemuk : BMI (Body Mass Index) 25-30
> Obisitas : BMI (Body Mass Index) di atas 30
> Tabel ini hanya berlaku bagi orang dewasa (20 tahun ke atas).

      Jadi untuk melamar menjadi prajurit TNI/Marinir,
      mungkin harus punya BMI tertentu ya ...

> Kalau males menghitung silahkan pakai BMI calculator
> melalui situs:
> http://www.nhlbisupport.com/bmi/
>
> Mang Ucup
> Email: [EMAIL PROTECTED]