Saya sebagai tenaga kerja di korea...sudah lama saya berada di korea...semua
permasalahan TKI sudara Menteri Dalam Negeri tau.....beliau pernah datang
kekorea...jadi sekarang memang yang menjadi pemasalahan mengapa TKI terus
melarat....dan ....menjadi kuli terus. karena belum ditangani pemerintah. waktu
dulu yang ngurusi PJTKI malah justru lebih bajingan.  sekarang mah lebih enak
berangkat ke korea. tinggal dikoreanya kerja dapat duit atau engak (KERJA
BAKTI), karena memang permasalahan di korea lumayan  berat kalo buat kirim
nambah devisa negara .Biaya ke korea sekarang sedikit. sekarang enak pakai
internet...biaya sedikit...ngak diperas  nga ada jaminan...dan memang perlu
belajar untuk menguasai bahasa korea..........
Malah justru dulu uang saya banyak yang nyangkut di pjtki buat biaya berangkat.
jumlahnya ngak sedikit ;;;
puluhan juta buat jaminan  kalau kabur ngak kembali.......uangnya kemana saya
ngak tahu....
lihat kenyataan bersama di masyarakat....lebih berhasil mana (MATERI)
antara PENGUSAHA TKI (PJTKI) dengan TKI lihat RUMAH pengusahaTKI...bisa bangun
rumah megah..bisa jadi anggota DPR...plus...pengusaha ...plus tetek
bengek...sing marekna TKI dadi TKI terus dan belum bisa jadi pengusaha.
Pemerintah cukup jeli....dalam hal ini maka dari itu...saya dukung program
pemerintah...bila perlu seluruh kegiatan TKI yang menyangkut luar negeri
bagaimana kondisinya pantau terus di terminal kepulangan dan jika ada
permasalahan dengan majikan atau bosnya di luar negeri kejar..ke kedutaan
tanyakan permasalahannya...
itu saja kok repot....yang salah tenaga kerjanya atau majikannya...