memang susah bicara dg manusia yg  mengukur sgala sesuatu berdasarkan materi.
semakin maju atau kaya seseorang artinya semakin tinggi pula moralitas mereka.
Sayangnya penduduk miskin di afrika & amerika latin pun jg doyan free sex,
apakah mereka dianggap bermoral tinggi?
Negara Indonesia ga maju alias jln di tempat salah satu penyebabnya adalah
munculnya orang2 spt ente, yg menganggap kemajuan bernegara dpt dicapai dg
memisahkan kehidupan bernegara dg moralitas atau akhlak.
Dlm byk ayat Alquran, agama disebut ilmu atau pengetahuan. Lalu apakah
ilm/pengetahuan bisa dikatakan sbg sumber konflik?
ah logika abang semakin ga jelas dech.

Sayangnya pilihan ente sama sekali ga sesuai dg ajaran islam (eh ga tau ya
agama ente paan? agama bunglon kale, bs gante2), dmana urusan vertikal selalu
berkaitan dg urusan horisontal, misalkan saja perintah sholat selalu dikaitkan
dg zakat.
Urusan menegakkan keadilan seadil2nya merupakan perintah Allah swt, dan
Muhammad saw sbg manusia berakhlak Alquran telah mencontohkan keadilan itu spt
apa, apa ente pernh membaca kisah ttg ancaman potong tangan kpd fatimah jika
dia mencuri?

“jika anakku Fatimah mencuri, aku akan potong tangannya” (hadist).

ente tahu siapa itu Fatimah? spt apa rasa sayang & cinta Rasulullah saw thd
Fatimah?

biar beliau saw saja menjelaskan, ...Ketahuilah, putriku itu bagian dariku, apa
yang mengganggu perasaannya adalah menggangguku juga, apa yang menyakiti
hatinya adalah menyakiti hatiku juga.”

bagaimana? keadilan tetap tegak khan :)