awak berharap, semoga semua urusan soal kegelapan sejarah indonesia bisa
diterangqen oleh bukti sejarah yg ada.

hl

--- In [EMAIL PROTECTED], "jong.nusantara" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Salam Nusantara,

Perkenankan kami Front Kaukus Jong Nusantara,
( http://front-jong-nusantara.700megs.com ) pada kesempatan ini ingin
menginformasikan kehadiran kami secara pribadi kemarin Selasa 9
Desember 2008 di Rawa Gede atas undangan Bpk. Batara Hutagalung selaku
Ketua Komite Utang Kehormatan Belanda, yang atas upaya gigih beliau
kepada pihak Parlemen Belanda, yang membuahkan hasil yaitu kehadiran
secara nyata Dubes Berkuasa Penuh Belanda utk Indonesia H.E. Dr.
Nikolaos van Dam saat acara Peringatan 61 Tahun peristiwa pembantaian
agresi troeps Belanda di Rawa Gede.

Kami secara pribadi pertama kali yang menyambut Dubes Belanda HE
Nikolaos van Dam saat tiba di pintu gerbang Monumen Rawa Gede, yang
terlihat dengan muka raut yang agak tegang.
Bagi kami pribadi ketegangan HE Nikolaos van Dam tsb dapat dimengerti,
sampai-2 kami sebagai penyambut pertama menjabat tangan beliau saat
memasuki monumen & makam, menyambutnya dalam Bahasa Belanda "Welkom Uw
Excelentie" dengan demikian beliau menyadari bhw kami dapat berbahasa
Belanda, langsung sambil agak menghiraukan penyambut rakyat-2 setempat
lainnya yg berkerumun dipintu masuk, dengan terus berdiri disamping
kami, sambil berbisik kpd kami dalam bah. Belanda, "ik moet naar de
toilet toe". Kami menjawab "Goed, zal ik zoeken voor Uw. Want ik zelf
ook ziet te zoeken waar het is". Karna memang hanya rumah-2 (tepatnya
rumah gubuk) penduduk yang ada disekitar pintu masuk makam tsb., jadi
pilihannya mencari toilet disalah satu rumah penduduk tsb, dan
biasanya ini berlokasi jauh dibelakang rumah penduduk, tidak seperti
rumah di perkotaan yang notabene dan jelas memiliki kamar toilet. Dgn
tanggap kami menanyakan kpd penduduk kampung setempat, yang ternyata
di bagian belakang "makam" ada toiletnya, namun harus melewati dulu
samping podium acara. Bayangkan sewaktu memasuki podium acara, kami
berdua, oleh Master Ceremony dengan suara keras memakai microfoonnya
yg bersound system gede, meminta agar para hadirin dimohon berdiri
untuk menyambut Duta Besar Belanda, namun kami langsung bisikkan
kepada MC, bahwa beliau mohon ijin sebentar, mo ke toilet terlebih
dahulu!!! Dan langsung kami mengantar dan mendampingi HE van Dam ke
ruang toilet di bagian belakang makam rw gede. Jadi para hadirin yg
ratusan jumlahnya, termasuk pejabat-2 setempat yang hadir, kembali
duduk di kursi masing-2, menunggu kami kembali dari ruang toilet yg
dapat terlihat jelas dari podium acara lokasinya.
( Hhmmmmm @#!? )
Selama acara berlangsung, ketegangan masih terlihat dimuka beliau,
oleh kami yang duduk dibelakang deretan kursi terdepan beliau, apalagi
saat siswi-2 SD Rw. Gede menyampaikan sajak-2 yg begitu luar biasa
penyampaiannya soal pembantaian 1947, puncaknya oleh seorang siswi SD
menyampaikan sajak karya CHAIRIL ANWAR yang begitu menyayat hati para
hadirin, karna disampaikan tepat dalam suasana yang berada di makam
para korban pembantaian (wah, apakah bisa-2 kemungkinan rakyat rw.
gede pada mengamuk terhadap orang Belanda yang hadir???)
Raut muka seperti kekurang setujuan, saat Pak Batara Hutagalung, dalam
pidatonya menyampaikan upaya KUKB, agar Pemeritah Belanda mengakui
secara "De Jure" bukan De Facto" atas proklamasi kemerdekaan RI
17-08-1945 dan bukan 27 Desember 1949.
Selama acara berlangsungpun, Bpk. Kharis Suhud yang duduk tepat
disamping beliau, tidak berbicara 1-2 katapun, walaupun cuma
bersalaman saat HE akan duduk disampingnya.
Sebagai pembicara terakhir sesudah pidato-2 oleh para pejabat-2, maka
giliran HE Dr. Nikolaos van Dam menyampaikan kata sambutannya, yang
ternyata tidak disangka-sangka oleh rakyat setempat, yakni pidato
disampaikan dalam Bahasa Indonesia (teks akan kami ketik ulang dan
akan kami emailkan!!).
Seperti yang telah kami duga, inti dari isi teks tidak lebih dari
penyesalan dan meminta maaf ats peristiwa lampau tsb.
Namun sesudah HE van Dam selesai menyampaikan pidato beliau, para
hadirin termasuk rakyat-2 setempat memberikan tepuk tangan yang
meriah, khususnya atas kesediaan hadir secara nyata HE van Dam dalam
acara peringatan Rw Gede tsb.
Nah, saat itulah terlihat raut muka HE van Dam, mulai memperlihatkan
adanya senyum yang ramah kepada hadirin yang secara antusias
memberikan ucapan selamat, khususnya saat acara sudah usai. Sesudah
acara tabur bunga, beliau hingga lebih dari 1 jam lamanya,
diminta-minta untuk berfoto bersama bergantian dengan para hadirin
yang hadir, termasuk para pejuang 45, pejabat-2 setempat, juga
wawancara-2 dengan TVONE, Metro TV, Media-2 Cetak yang cukup banyak
serta juga koresponden-2 media asal Belanda, tepat didepan Monumen
Peringatan Taman Makam Rw Gede.

Memang terjadi penolakan dari Pemerintah Belanda (akhir Nopember 2008)
soal tuntutan yg diajukan begitu baik dan noblenya oleh advokat para
janda yakni Mr. Pulles sesudah kehadirannya pada bulan September di Rw
Gede menemui langsung para janda-2 korban pembantaian tahun 1947.
Penolakan Pemerintah Belanda ini ternyata juga termasuk penolakan atas
tuntutan kompensasi kepada para korban janda-janda.

Saat Dubes sedang menabur bunga di makam para korban pembantaian, kami
pribadi berkesempatan berbincang dengan salah satu staf dari Kedubes
Belanda yang turut mendampingi Dubes Belanda, dengan menyampaikan
beberapa hal sbb.:

1. FKJN mendorong dan mendukung adanya Capres (Muda) Independen 2009,
   yang saat ini dalam proses di Mahkamah Konstitusi atas pengajuan
   Judicial Review oleh rekan kami sdr. Fadjroel Rachman Cs.
   Apabila Capres (Muda) Independen 2009 ternyata terpilih oleh
   rakyat menjadi Capres RI 2009, maka deal politik kami kpd. Capres
   (Muda) Independen 2009 tsb., salah satunya yakni mengangkat dan
   mendukung segala upaya yang telah dilakukan Bpk. Batara Hutagalung
   melalui KUKB, kepada Pemerintah Kerajaan Belanda.
2. Dari segala penolakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Belanda atas
   tuntutan Mr. GJ. Pulles, terdapat 2 hal yang atas kebijaksanaan
   Pemerintah Belanda yang masih terbuka, yaitu :
   a. Memperhatikan secara seksama (GRIEF) penderitaan bathin para
      janda korban peristiwa tersebut, dalam arti kata kemungkinan
      adanya "sedekah". (Hmmm??)
   b. Menyelenggarakan acara-acara "DIALOG" mencarikan suatu "SOLUSI"
      antara pemerintah & para ahli waris korban pembantaian tersebut
      dan khususnya hubungan Belanda dan Indonesia.
3. Untuk dialog tersebut, kami sampaikan kepada staf kedubes, untuk
   secepatnya memfasilitasi hal tersebut, selain acara dialog dengan
   para ahli waris korban-2, juga adanya dialog & pertemuan antara
   Kaum Muda Indonesia dengan Kaum Muda Belanda, untuk menetapkan
   langkah dan sikap bersama-sama kaum muda, persoalan sejarah
   masa lampau, mengingat hanya kaum muda inilah dimasa mendatang
   yang akan bersama-sama menjalankan kehidupannya masing-masing,
   berinteraksi dalam hubungan antar 2 negara ini.

Kami scara pribadi salut atas sikap pribadi dan sebagai diplomat dari
Dubes Belanda saat ini HE Dr. Nikolaos van Dam, menghadapi acara-acara
historis semacam ini.
Juga sesuai apa yang kami dengar dari Bpk. Batara Hutagalung,
apresiasi tinggi beliau atas kehadiran dan sikap beliau sebagai Dubes
Belanda selama acara berlangsung, karna dapat dibayangkan peringatan
rw gede telah berlangsung setiap tahunnya dan ini untuk yang ke 61
kalinya.

Demikian info yang dapat kami sampaikan atas acara 9 Des. 2008 di Rw
Gede yang turut dihadiri Dubes Belanda utk Indonesia HE Dr. Nikolaos
van Dam atas perintah Parlemen Belanda per akhir Nopember 2008, harus
hadir dalam acara tsb.

Persoalan Pengakuan tersebut, FKJN mengharapkan rekan-rekan muda
Indonesia dimanapun di dunia saat ini sedang berada, khususnya PPI
Belanda, untuk mendukung segala upaya Bpk. Batara Hutagalung, selaku
Ketua KUKB, baik secara moril maupun kemungkinan secara materiil,
serta mulai memikirkan formulasi topik-2 acara dialog bersama Kaum
Muda asal Belanda dengan Kaum Muda Indonesia, dalam upaya menuntaskan
permasalahan-2 semacam ini, untuk dan agar tidak menjadi semacam batu
ganjalan, kita sekalian para Kaum Muda, menyongsong masa depan.

Salam Nusantara (en mijn vriendelijk groet aan allen PPI Belanda, als
de Jong Nusantara's)

Heinrich R. Warouw
http://front-jong-nusantara.700megs.com

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=14&dn=20081210025654
http://www.jawapos.com/halaman/index.php?act=detail&nid=30666
http://indonesiadutch.blogspot.com/
http://batarahutagalung.blogspot.com
http://www.kukb.or.id

--- In [EMAIL PROTECTED], "Benedictus Dwiagus S."
<bdwiagus@> wrote:

> [...]
> jelas,… jadi Om Heri Latief gak perlu berharap banyak deh ya,…
>

> Best Regards,
>

> Benedictus Dwiagus S.
>
> http://bdwiagus.blogspot.com
>
> http://bdwiagus.multiply.com
>

> "The most difficult thing in the world is to know how to do a thing
and to
> watch somebody else doing it wrong, without comment."  - T. H. White
>

> :::... Indo-MONEV ...:::
>
> Indo-MONEV is a mailing list to build a network of Indonesian People
> anywhere in the world who are interested, dedicated, and
profesionalised to