Riskan kalau melihat cara-cara investor menangguk uang... mungkin
benar Bank-Bank swasta didirikan untuk memodali bississ si pemilik
bank.. contoh yg lalu-lalu seperti BCA yg sapi perahan dari Liem
sioe liong... betapa gampang dapat dana segar dari masyarakat..

praktek-praktek semacam ini telah membesarkan banyak konglomerat
kita.. sekarang Lippo Group kemungkinan besar menggurita tersebab
cara yg sama... mereka tawarkan saham sekaligus tarik dana dari
masyarakat lewat bank yg dipunyai... tapi kabarnya telah ada
persyaratan ketat tentang seberapa banyak yg bisa diambil si pemilik
bank dari dana nasabah...

Walau gimanapun ketatnya.. tetap saja pemilik dan pengelola bank
punya banyak akal dalam memanfaatkan dana yg terparkir gratis di
bank milik sendiri..

Persyaratan rasio kecukupan modal perlu diawasi dgn regulasi ketat
dari otorita moneter, jangan sampai sama-saja dgn masa lalu...
hancur lagi moneter kita

Sang

--- In ppiindia@yahoogroups.com, A Nizami <nizam...@...> wrote:

> Kalau saya lihat ini seperti perampokan berdasi.
>
> "Pengusaha" (baca: Penipu) bisa mengeruk ratusan
> trilyun uang masyarakat lewat Pasar Modal atau Bank2.
>
> Caranya bermacam, tapi intinya para eksekutif dan
> komisaris mengambil uang masyarakat lewat gaji dan
> bonus besar. Sebagai contoh Cassano yang bikin
> bangkrut perusahaannya AIG mendapatkan trilyunan uang
> secara resmi lewat gaji dan bonus.

http://voices.washingtonpost.com/livecoverage/2008/10/joe_cassano_the
_man_who_brough.html

> [...]
> sehingga menurut hitungan mereka untung. Lebih celaka
> kalau pemerintah melakukan bail out terhadap kredit
> macet yang dimark-up itu.
>
> Bisa juga membuat perusahaan yang dalam waktu 5-6
> tahun bangkrut untuk Di-IPO-kan lewat Pasar Modal
> hingga bisa mengeruk puluhan milyar uang "investor".
> Perusahaan boleh bangkrut, tapi "Pengusaha" ini bisa
> mendapat sebagian uang yang didapat dari IPO.
>
> Perlu Jurnalis yang mantap untuk melakukan investigasi
> kebenaran hal ini. Yang jelas, info di atas sekedar
> dari apa yang saya dengar dari teman yg kerja di

Kirim email ke