    From: sea gull
    To: heri latief
    Sent: Friday, April 18, 2008 2:15 PM
    Subject: ppi oh ppi ….

kuputuskan menulis email ini, setelah agak gelisah, ada sesuatu yg salah dengan
generasi pendiri dan penerus ppi … tulisan ini sendiri mencari benang yang
putus itu…kapan dimana dan oleh siapa …dulu di indonesia, jika mendengar ppi,
ingatan kembali ke sejarah kemasyuran-heroik para pejuang awal indonesia di
luar negeri. peran politik kaum terpelajar untuk mengkampanyekan pembebasan
indonesia dari penindasan. sebuah mega proyek mental tentang sebuah bangsa
besar bernama indonesia. jejak itu kok sulit ditelusuri ya? yg ditemukan hanya
sayup2 cerita yg tidak lengkap dari orang tua yang masih hidup, misalnya di
Belanda. konon, kaum superior, ppi awal itu, dihabisi oleh ‘hantu’ tahun 1965,
bagi saya masih hantu, karena kurang jelas. tinggallah sekarang saya, salah
seorang ppi ‘aneh’ yg tidak punya pengetahuan tentang sejarah diri sendiri,
sehingga tidak tahu mau ngapain lagi dengan organisasi saya ini. aku minta
penjelasan dari mereka yg dulu
 aktif di ppi awal, sehingga kaum muda yg memimpin ppi saat ini tidak buta
sejarah, dan mengerti peran apa yang harus dilakukan, supaya tidak hanya masuk
kampus-terus pulang ke hostel, tidur.

    salam,
    saurlin, ppi kota den haag.
    ps: mohon disebarluaskan kepada siapa saja mantan pengurus ppi …..

Email Bung Saurlin ini mendapat tanggapan dari Bung Tahir Pakuwibowo yang
berdomisili di Swedia. Berikut tanggapan Bung Tahir:

Salam kenal dik Saurlin,

Nama saya Tahir Pakuwibowo. Dalam email anda kepada sdr Heri Latief anda
menulis “aku minta penjelasan dari mereka yg dulu aktif di ppi awal”. Saya
tidak merasa pasti apakah saya termasuk grup yang anda maksudkan sebagai orang
yang “aktif di ppi awal”. Tapi saya dulu aktif di PPI-Tjekoslowakia dan PPI
se-Eropa pada dekade yang crucial, tahun 60:an.

Betapapun, saya akan mencoba membantu memberikan beberapa informasi yang saya
ketahui tentang hal-hal yang merupakan pertanyaan bagi anda dan mungkin juga
bagi banyak kawan-kawan dari generasi muda lainnya. Dalam email yang sama anda
menulis: ” ada sesuatu yg salah dengan generasi pendiri dan penerus ppi …
tulisan ini sendiri mencari benang yang putus itu…kapan dimana dan oleh siapa …
”.

Saya rasa sulit sekali menjawab pertanyaan anda “kapan dimana dan oleh siapa…”
benang itu diputuskan? Walaupun pertanyaan ini menarik, tapi saya rasa tidak
ada orang yang dengan sengaja secara aktif menetapkan, nah sekarang benang PPI
ini akan saya putuskan? Tapi baiklah saya ceritakan sedikit pengalaman saya,
mudah-mudahan sedikit membantu menjelaskan sebagian sejarah gerakan mahasiswa
Indonesia diluar-negeri.

Pada tahun-tahun 50:an dan 60:an pemerintah Indonesia mengirimkan banyak sekali
mahasiswa-mahasiswa keluar-negeri untuk menuntut ilmu, kebanyakan dalam rangka
apa yang dinamakan “pertukaran budaya” (cultural exchange). Kekecualiannya
adalah Jepang. Yang dikirim kesana pada waktu itu kebanyakan didasarkan pada
pampasan perang. Mahasiswa Indonesia kita temui di hampir semua negeri, baik
dinegeri-negeri blok sosialis maupun kapitalis. Tujuannya saya rasa jelas,
yaitu untuk mempercepat proses modernisasi Indonesia dengan kader-kader
intelektuil didikan dalam maupun luar negeri, kira-kira seperti zaman Meiji di
Jepang.

Saya sendiri kebetulan dikirim ke Tjekoslowakia (nama negerinya waktu itu)
untuk belajar ekonomi bersama satu grup terdiri dari 30 mahasiswa dari
macam-macam jurusan. Ketika kami sampai di Tjekoslowakia pada akhir 1960, sudah
terdapat satu struktur organisasi yang bernama PPI dan juga apa yang dinamakan
Badan Koordinasi PPI se-Eropa. Ternyata PPI ini terdapat ditiap negeri baik di
Eropa Timur maupun Eropa Barat. PPI adalah mesin organisasi yang mepunyai
tradisi dan berjalan baik. Yang menjadi pertanda khas dari PPI zaman saya
adalah semangat dan dedikasi anggauta-anggautany a untuk menuntut ilmu
diluar-negeri dan kemudian pulang kembali ketanah air untuk mengabdikan diri
kepada tanah-airnya yang masih muda dan baru saja bebas dari kolonialisme.
Paling tidak begitulah kesan yang saya dapatkan.

Tapi perlu dicamkan bahwa perkembangan PPI yang sehat dan kuat waktu itu tidak
terjadi dalam vacuum, melainkan merupakan bagian dan pencerminan dari apa yang
terjadi ditanah air. Indonesia waktu itu berada dalam era pimpinan Presiden
Sukarno, proklamator Kemerdekaan, yang mempunyai visi besar tentang masa depan
negeri ini. Dirasakan ditulang-sumsum bahwa Indonesia sedang bergerak menuju
kearah sesuatu yang besar. Jangan dilupakan bahwa Indonesia mendapat respek
didunia ketiga, dan ini tentu saja menambah kebanggaan dan kepercayaan diri
mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Eropa. Fenomena yang sama sebetulnya lebih
banyak lagi dapat dikatakan mengenai PPI di Belanda pada masa-masa perjuangan
kemerdekaan. Roda sejarah yang bergerak menjelang kemerdekaan Indonesia tak
bisa tidak akan menggugah setiap hati nurani putera-puteri Indonesia dan pada
gilirannya mempengaruhi perkembangan dan kehidupan PPI pada masa itu.

Pada masa saya masih mahasiswa, diselenggarakan seminar dan konferensi PPI
se-Eropah tiap dua tahun sekali dan yang terakhir dilansir pada bulan Agustus
1965 di Bukarest, Rumania. Seminar dan konferensi ini selalu merupakan
peristiwa besar buat semua PPI dan diikuti oleh puluhan mahasiswa Indonesia
baik dari Eropa Timur maupun Eropa Barat. Bahwasanya PPI dianggap penting juga
oleh pemerintah Indonesia waktu itu, diperlihatkan oleh kenyataan bahwa
pemerintah mengirimkan Ruslan Abdul Gani ke Konferensi Bukarest sebagai
peninjau. Sebuah foto dari peristiwa itu bisa dilihat disini:
http://pakuwibowo. multiply. com/photos/ album/39/ Student_Years# 15

Kira-kira sebulan sesudah Konferensi Bukarest, meletuslah peristiwa G30S yang
sangat tragis ditanah air dan merupakan suatu shock luar biasa buat siapapun.
Akibatnya, PPI-PPI di Eropah terpecah menjadi dua, kelompok penyokong Sukarno
yang anti Suharto dan anti pembantaian serta kelompok kedua yang menyokong
kediktaturan militer. Sekitar tahun 1967, anggauta-anggauta PPI-kiri yang tidak
mau dipaksa sumpah setia kepada jenderal Suharto dicabut paspor dan
kewarganegaraannya oleh KBRI sehingga mereka menjadi stateless. PPI-kiri tetap
exist sampai permulaan tahun 70:an dan terus melakukan perlawanan terhadap
kejahatan rezim Suharto. Tapi akhirnya tidak terdapat lagi “mahasiswa kiri”
sebagai kelompok, karena sebagian besar sudah menyelesaikan studinya. Jadi
PPI-kiri kehilangan “raison d´ etré”nya dan karena itu bubar. Bagaimana dengan
kelanjutan PPI kanan saya kurang mengetahui.

Apakah rezim Suharto mempunyai visi? Menurut Aditjondro dalam bukunya “Korupsi
Kepresidenan” , “visi” mereka adalah “Oligarki berkaki tiga”, yaitu Istana,
Tangsi dan Partai (Golkar). Sebagaimana kita semua ketahui, inspirasi yang
mereka bisa berikan adalah KKN, memperkaya diri dan penyalah gunaan kekuasaan.
Apakah pemerintah sekarang mempunyai visi? Saya tidak melihatnya. Indonesia
kelihatannya sedang mengalami krisis kepemimpinan. Mahasiswa-mahasiswa
Indonesia masa kini kelihatannya tidak punya sama banyak semangat dan dedikasi
berbakti seperti rekan-rekannya dimasa-masa dulu. Yang dominasi sekarang
sayangnya adalah semangat individualisme. Kenbanyakan mahasiswa Indonesia
diluar-negeri ongkos-ongkos belajarnya tidak dibayar pemerintah, tapi hasil
usaha sendiri atau diongkosi orang tuanya. Mudah-mudahan saya keliru dalam hal
ini, tapi kelihatannya kurang ada prasyarat obyektif untuk PPI yang hidup.
Kepada rekan-rekan mahasiswa generasi baru
 dan PPI baru saya hanya bisa anjurkan agar tidak putus asa, teruskan
perjuangan untuk demokrasi serta masyarakat adil-makmur, bangkitkan semangat
berbakti kepada tanah air dan Rakyat kecil. Good Luck!

//Tahir

http://progind.net/
kolektif info coup d'etat 65: kebenaran untuk keadilan

  http://herilatief.wordpress.com/

http://akarrumputliar.wordpress.com/

3. Reading only, http://ppi-india.blogspot.com
4. Satu email perhari: ppiindia-dig...@yahoogroups.com