http://www.detikfinance.com/read/2009/05/15/214508/1132336/4/pertumbuhan-ekonomi-positif-ri-dampingi-dua-macan-asia

Jumat, 15/05/2009 21:45 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Positif, RI Dampingi Dua Macan Asia

Anwar Khumaini - detikFinance

Foto: dok Detikcom

Bandung, - Indonesia masih mampu mencatat pertumbuhan ekonomi positif di tengah
krisis global. Kondisi ini membuat posisi Indonesia kini berdampingan dengan
dua macan Asia, yaitu China dan India.

Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia Boediono dalam pidato
pencalonannya sebagai cawapres SBY di gedung Sabuga, Bandung, Jumat (15/5/2009).

"Di tengah krisis global sekarang, bersama China dan India, Indonesia masih
mencetak pertumbuhan positif," katanya.

Menurut Boediono, keberhasilan ekonomi ini tak lepas dari kepemimpinan SBY
dalam 5 tahun terakhir yang memberikan modal kuat untuk fundamental ekonomi
nasional.

"Untuk itu, saya menghargai keteguhan SBY, itu pula yang mendorong saya
mendampingi beliau. Saya pernah bekerja 3 tahun di bawah beliau, itu modal
untuk kerjasama, serta mewujudkan pemerintah tepat dan akuntabel," ujarnya.

Untuk menghadapi krisis selanjutnya, Boediono pun menegaskan Indonesia
memerlukan kepemimpinan yang bersih, tidak dikotori suap dan tidak melibatkan
bisnis keluar.

"Indonesia membutuhkan kepemimpinan yang tidak dikotori suap, tidak
memperdagangkan kekuasan, dan campur aduk kepentingan bisnis keluarga.
Pemerintahan yang bersih butuh pemberatansan korupsi konsisten. Saya yakin
pemerintahan SBY yang berdayaguna akan melangkah ke sana," katanya.

(lih/dru)