http://regional.kompas.com/read/xml/2009/11/30/06282634/asrama.mahasiswa.papua.diserang.pemuda.mabuk

Asrama Mahasiswa Papua Diserang Pemuda Mabuk

SANDRO GATRA
Pelaku diduga pencuri helmSenin, 30 November 2009 | 06:28 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak lima orang pemuda yang tengah mabuk, Minggu
(29/11) malam, tiba-tiba mengamuk dan merusak asrama mahasiswa asal Provinsi
Papua di Jalan Pelita Raya, Makassar.

Salah satu korban, Yose (24), seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS)
Makassar mengaku jika dirinya terkena lemparan balok menyebabkan kepalanya
bocor.

"Saya tidak tahu ada apa karena saya bersama 13 orang lainnya sedang berada
dalam asrama. Tiba-tiba datang lima orang yang sedang mabuk dan melempar asrama
saya," katanya.

Dia menjelaskan, kejadian itu tidak pernah diduga karena dirinya bersama
teman-temannya tengah asyik mengikuti siaran pertandingan sepak bola tim
kebanggaannya, Persipura melawan Persib Bandung, yang disiarkan salah satu
televisi swasta.

Saat menyaksikan pertandingan tersebut, kelima pelaku yang sedang mabuk datang
dan berteriak sambil melempar asrama dengan batu dan balok. Para penghuni
asrama kemudian keluar rumah menenangkan para pemabuk tersebut. Namun, usahanya
untuk menenangkan aksi kelima pelaku tidak membuahkan hasil.

Bukan cuma melempar, di hadapan polisi saat melapor ke Sentra Pelayanan
Kepolisian (SPK) Makassar Timur, korban mengaku jika wajahnya lebam akibat kena
tinju seorang pemabuk. "Saya mau tahu apa masalahnya saat mereka melempar
rumah. Saya keluar dan terkena lemparan balok setelah itu saya dipukul di
bagian muka," ungkapnya.

Kepala SPK B Makassar Timur Aiptu Hasan M membenarkan adanya pelaporan seorang
mahasiswa asal Papua. "Memang benar kami menerima laporan dan sudah mendapatkan
data-data para pelaku. Kini kelimanya dalam pengejaran anggota Reskrim,"
ujarnya.