Refleksi : Mau berbulan madu kedua kali?

http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=126722

[ Selasa, 06 April 2010 ]

Istri Tua Ketua BK DPRD Jatim Minta Dinikahi Resmi

SURABAYA - Isu tak sedap menerpa salah seorang ketua di DPRD Jatim. Ketua Badan
Kehormatan (BK) DPRD Jatim Bambang Gatot Djajaprana digoyang kasus perempuan.
Itu terungkap setelah Homsatun, 35, warga Dusun Karang Pakem, Curahlele,
Balung, Jember, yang mengaku istri siri Bambang, mengadu kepada pimpinan DPRD
Jatim kemarin (5/4).

Wanita berjilbab kuning itu menganggap anggota DPRD Jatim Fraksi Gerindra dari
dapil VI (Jember-Lumajang) tersebut ingkar janji. Homsatun mengklaim telah
dinikahi secara siri pda 22 Januari 2009 di Jember. ''Setelah jadi anggota
dewan, Pak Bambang berjanji menikahi secara resmi. Nyatanya dia tidak
menepati,'' ungkit Homsatun didampingi sejumlah keluarga di depan ruang BK
gedung DPRD lantai dua.

Dia menyatakan telah memperjuangkan Bambang yang beralamat di Jalan Kendodong,
Tegalsari, Surabaya, itu lolos jadi caleg dalam Pemilu Legislatif 2009. ''Saya
mulai Januari 2010 sudah tidak mendapat nafkah lahir dan batin. Tahu-tahunya
ternyata dia menikah lagi,'' ujar Homsatun.

Saat mengadu, dia membawa bukti surat pernyataan kesaksian Fachrurorosy (kakak
kandung Homsatun sekaligus wali mempelai perempuan), Kiai Mustofa selaku pihak
yang menikahkan, Ketua RT Abdul Hamid, Aziz yang merupakan tetangga, dan Hendra
Suyitno, pengurus Gerindra Anak Cabang Ambulu, Jember.

''Mereka menyaksikan akad nikah siri saya dengan Pak Bambang di rumah Mas
Fachrurorosy,'' kenang Homsatun. Mulanya dia mengira dengan menikahi caleg DPRD
Jatim, masa depannya cerah. Malah seminggu setelah akad nikah siri, mereka
mengundang warga. Sayang, biduk rumah tangganya tidak berlayar jauh. Kekecewaan
Homsatun memuncak setelah Bambang menikahi Trianawati yang 10 tahun lebih muda.

Sementara itu, Bambang ketika dikonfirmasi menyatakan tidak kaget. Dia menilai
ada pihak yang berusaha menyerang dirinya. ''Ketika itu saya dijebak, diisukan
kumpul kebo. Saya harus kawin siri. Saya lakukan itu jam 12 malam. Empat bulan
setelah itu langsung saya ceraikan,'' ujar Bambang. Dia mengatakan sudah
menikah resmi dengan Trianawati asal Ambulu, Jember, akhir Februari lalu.

''Ini istri resmi saya,'' kata Gatot dengan bangga sambil menunjuk Trianawati
yang duduk berseberangan. Triana membenarkan telah dinikahi secara resmi di KUA
Ambulu. ''Setelah pacaran sebulan, saya diajak nikah. Saya mau saja karena
menjadi pasangan suami istri yang sah menurut negara,'' ujarnya malu-malu.
(sep/c7/tom)