Salam Pramuka
Sekedar Update Kak, Surat Tanggapan dari Bapak Riaz JP Saehu, Second Secretary
dan Bidang penerangan KBRI Washington DC

Washington DC, 17 Januari 2007

  Kepada Sdr. Ari Wijanarko Adipratomo.

  Terlebih dahulu saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2007. Semoga di tahun ini,
kita semua khususnya Ari dan rekan-rekan di lingkungan Pramuka dapat meraih apa
yang dicita-citakan sesuai dengan rahmat dan ridhaNYA.

  Saya senang mendengar tanggapan positif dari pihak Department of States (DOS)
mengenai usulan Ari untuk menjalin hubungan kepanduan antara dua negara. Saya
rasa dengan hubungan bilateral RI dan AS yang membaik di tahun-tahun terakhir
ini, telah membuka banyak kesempatan bagi kita semua untuk menjalin kerjasama
dan menciptakan saling pengertian diantara masyarakat kedua negara.

  Seperti Ari ketahui, pemahaman mengenai AS dan Indonesia saat ini baru
dirasakan masing-masing di tingkat pemerintah, parlemen, pengusaha. Namun
masyarakat kedua negara masih memiliki pemahaman yang kurang. Indonesia masih
dikenal oleh AS sebagai negara pelanggar HAM, peringkat korupsi terbesar dll.
Masyarakat Indonesia sendiri melihat AS dengan pandangan yang tidak kurang
sama. Sebagai negara yang kebijaksanaannya terhadap Perang Melawan Irak membuat
AS sebagai negara yang tidak populer di mata masy Indonesia.

  Keduanya memiliki kebutuhan untuk sama-sama menciptakan saling pengertian.
Disini peran Ari cukup besar untuk menjelaskan "Indonesia Baru" di hadapan
teman2 AS bahwa Indonesia adalah negara demokrasi, dengan penduduk yang
mayoritas Islamnya moderat, upaya memberantas korupsi dan menegakkan HAM. Kita
saat ini bangga sebagi orang Indonesia degan berbagai kemajuan yang dicapai.

  KBRI akan dengan senang hati membantu sesuai kemampuan KBRI. Saya akan
bicarakan rencana Ari ini bersama para Penanggung Jawab Fungsi Penerangan se
Perwakilan RI se-AS saat Rapat Koordinasi di bulan Maret 2007. Saya melihat
apabila memang pihak Deplu AS menginginkan adanya suatu kerjasama dengan
Indonesia dalam hal kepramukaan, ada baiknya apabila Kwartir Nasional dapat
menyampaikan rencananya tersebut kepada Deplu  RI. Mungkin bisa dijajaki dahulu
dengan Direktorat Amerika Utara dan Tengah Deplu. Direkturnya Bapak Harry
Purwanto, ex DCM KBRI Washington  DC. Mungkin ada baiknya juga apabila saya
tanyakan dahulu kepada DCM KBRI, Bapak Andri Hadi untuk arahannya dan saya akan
kembali menghubungi Ari.

  Apabila ada hal2 lebih lanjut yang perlu kita ketahui, silahkan disampaikan
kepada saya.

  Sukses terus ya Ari.

  Riaz Saehu

Ari Wijanarko Adipratomo , A+
Garuda Scout
Indonesian Scouts Movement Representative in The United States of America
Harry S.Truman College , Chicago-Illinois
Associate Degree  , Major Social Science .
Secretary in Indonesian Muslim Comunity in Chicago
Vice President of Indonesian Student Association (PERMIAS) Chicago
Cell +1(847) 852 0286 - Home :+1(847) 674-0749 .