salam Pramuka,
mo ikut nimbrung nih tentang kejadian pembina cabuli murid.
kak, terlepas apakah seorang pembina sudah mengantongi KMD/KML atau belum, saya
pikir menjadi seorang pembina itu tugas yang berat. bayangkan, pembina memiliki
'kekuasaan' terhadap anak didik.
nah, masalahnya mau digiring kemana kekuasaan itu. apakah untuk kebaikan atau
sebaliknya. saya merasa inilah yang kurang dalam pembinaan anggota dewasa.
Pramuka hendaknya membuat sebuah konsep pelatihan berpikir sehat dan positif
bagi anggota dewasa. sehingga tidak ada lagi penyalahgunaan kekuasaan. semoga