Pramuka belum maksimal memberdayakan aset yang ada. Kwarnas memiliki aset yang
cukup besar berupa properti terlantar, dan aset catatn intelektual. Bisa
dikembangkan bukan??
Orang-orang pramuka di kwarnas seharusnya disupport dengan kemampuan bisnis
untuk mengelola aset-aset itu. Jagan sampai pramuka hanya mengandalkan swadaya
dari peserta didik. Kalua pramuka hanya mengandalkan dana swadaya anggotanya,
kegiatan-kegiatan berbiaya tinggi bisa-bisa sulit dinikmati oleh anggota yang
enonominya tergolong miskin.
ini aja dulu.

Berthold Sinaulan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Salam Pramuka,
   Kalau dibaca lagi e-mail saya, mengenai UUD '45 saya menulis OOT (out of
topic). Jadi hanya pelengkap saja.
   Ide besarnya lebih ke iuran Rp 1.000 per anak per hari, yang tidak setiap
anak mampu melakukannya.
   Soal mencari dana, selain dari APBN, setahu saya Kwarnas GP juga sudah
melakukan, misalnya lewat usaha penerbitan buku, perlengkapan pramuka (dua hal
yang kini diperbarui), di samping madu dan jasa TRW/Buper yang sudah berjalan.
   Mungkin hasilnya belum begitu terasa, tapi paling tidak usahanya sudah mulai
berjalan dan sewaktu Rakernas GP di Cibubur belum lama ini, cukup banyak
kakak-kakak dari berbagai daerah yang meminati terbitan buku dan perlengkapan
pramuka/perlengkapan alam terbuka yang dijual.
   Tks.

   Berthold
   (FYI: Saya tidak menjadi pengurus usaha buku atau perlengkapan atau lainnya
yang dijalankan Kwarnas GP. Ini sekadar info saja. Tks.)

 Randi Triadi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
           yet more reason for us yang bisa ngases internet ini untuk menabung
 sehingga kita bisa ngebantu sesama pramuka... mungkin perlu dibuatkan
 kayak trust fund yang dikumpulkan oleh pramuka untuk pramuka...

 mungkin wording saya mengenai pendanaan kwarnas agak salah, tapi tetep
 aja, harusnya kita bisa mencari jalan agar kita bisa jadi NGO yang
 self sustaining... kan banyak cara menuju roma...

 mari sama-sama melakukan UUD45 secara konsekwen.. balikin ke UUD45
 lagi? jangan disini deh ngebahasnya.. nanti panjang...

 with al due respect
 Randi

 On 6/27/07, Berthold Sinaulan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

 > Salam Pramuka,
 > Buat kakak-kakak atau adik-adik yang kaya/berasal dari keluarga berada, Rp
 > 1000 mungkin uang receh/uang kecil yang tak ada artinya. Jadi mudah didapat
 > dan tanpa ragu bisa disisihkan untuk ditabung. Namun tidak semua orang
 > seberuntung itu.
 > Di banyak tempat, uang Rp 1000 sangat berharga. Kebetulan saat ini saya dan
 > beberapa kakak pembina sedang mencoba melakukan pembinaan bagi anak jalanan
 > usia Penggalang (27 anak di Kwarran Matraman dan 28 anak di Kwarran Kramat
> [...]

 Be Prepared my Friend!
 Rendezvous to Destiny!